Demo buruh di Turki./AFP
Demo buruh di Turki./AFP

Polisi Turki Tahan 164 Pedemo yang Nekat Hadiri Demo Buruh

Internasional Demo Buruh politik turki turki
Marcheilla Ariesta • 02 Mei 2022 07:26
Istanbul: Kepolisian Turki menahan lebih dari 160 pedemo yang mencoba mengadakan unjuk rasa May Day (Hari Buruh Internasional). Kegiatan ini bertentangan dengan larangan yang diberlakukan kantor gubernur Istanbul.
 
Dilansir dari AFP, Minggu, 1 Mei 2022, serangkaian foto menunjukkan polisi antihuru-hara bentrok dengan pengunjuk rasa di dekat Taksim Square Istanbul. Polisi menjepit beberapa dari mereka dengan paksa ke tanah, dan kemudian menggiringnya ke mobil polisi.
 
"Sebanyak 164 orang ditahan usai melakukan demo tidak sah dan menolak untuk membubarkan diri, meski sudah diperingatkan polisi," kata kantor gubernur Istanbul. Seorang fotografer AFP melihat sekitar 20 pengunjuk rasa ditahan di dekat Taksim Square.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca juga: Pertama Kali Sejak Pembunuhan Khashoggi, Erdogan Tiba di Arab Saudi
 
Penahanan selama Demo Buruh kerap terjadi. Taksim hampir selalu telah menjadi lokasi utama dalam setiap peringatan May Day di Turki.
 
Bentrokan sering terjadi sejak 34 orang tewas di Taksim pada 1 Mei 1977, yang terjadi di tengah periode tidak stabil dalam sejarah Turki modern.
 
Tahun lalu, kepolisian Turki menangkap lebih dari 200 orang atas tuduhan menggelar aksi unjuk rasa ilegal di May Day. Unjuk rasa buruh dinilai ilegal karena bertentangan dengan aturan pengendalian Covid-19, yakni tidak berkerumun dalam jumlah besar.
 
Demonstran di kota Istanbul ditangkap karena melanggar aturan Covid-19 yang diterapkan pemerintah dalam meredam gelombang ketiga penyebaran virus tersebut.
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif