Presiden Ekuador Guillermo Lasso. (Pablo PORCIUNCULA / AFP)
Presiden Ekuador Guillermo Lasso. (Pablo PORCIUNCULA / AFP)

Ekuador Terapkan Status Darurat dalam Perang Melawan Kejahatan

Internasional narkotika internasional Penyelundupan Narkotika Ekuador
Willy Haryono • 30 April 2022 13:18
Quito: Presiden Ekuador Guillermo Lasso mendeklarasikan status darurat selama 60 hari di tiga dari 34 provinsi. Status darurat ini meliputi aturan jam malam dan pengerahan ribuan personel pasukan keamanan.
 
Dikutip dari TRT World, Sabtu, 30 April 2022, ini merupakan kali kedua Lasso menggunakan wewenang status darurat untuk memberantas berbagai jenis kejahatan di negaranya yang terus meningkat sejak akhir tahun lalu.
 
Pemerintahan Lasso mengatakan ada sejumlah geng penyelundup yang menggunakan Ekuador sebagai titik transit untuk mengekspor narkotika ke Amerika Serikat (AS) dan benua Eropa.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Status darurat yang pernah diberlakukan Lasso pada Oktober lalu dikritik Mahkamah Konstitusi Ekuador. Alhasil, periode status darurat tersebut dipangkas menjadi hanya 30 hari, dan personel militer hanya boleh dikerahkan untuk mendukung operasi polisi.
 
Kejahatan serta kematian terkait penyelundupan narkotika di Ekuador meningkat tahun ini di provinsi Guayas, Manabi dan Esmeraldas. Di tiga provinsi tersebut, kepolisian Ekuador telah menangkap sejumlah anggota geng narkotika.
 
"Melalui sebuah dekrit eksekutif, saya mendeklarasikan status darurat di provinsi Guayas, Manabi dan Esmeraldas mulai tengah malam ini," kata asso dalam video di media sosial pada Jumat kemarin.
 
"Kami melindungi nyawa masyarakat dalam setiap keputusan yang kami ambil, hingga semua yang melakukan aksi kekerasan menyerah," sambungnya.
 
Sekitar 9.000 personel kepolisian dan militer Ekuador akan berpatroli di ketiga provinsi dalam 60 hari ke depan. Di bawah status darurat ini, sejumlah permukiman warga terkena aturan jam malam dari pukul 23.00 hingga 05.00.
 
Baca: 68 Narapidana Tewas dalam Kerusuhan Geng Penjara di Ekuador
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif