Presiden AS Joe Biden saat hendak terbang dengan pesawat Air Force One di bandara Tulsa, AS pada 1 Juni 2021. (MANDEL NGAN / AFP)
Presiden AS Joe Biden saat hendak terbang dengan pesawat Air Force One di bandara Tulsa, AS pada 1 Juni 2021. (MANDEL NGAN / AFP)

Bertolak ke Inggris, Biden Memulai Tur 8 Hari Eropa

Internasional Amerika Serikat nato vladimir putin rusia joe biden ktt g7 as-rusia
Willy Haryono • 09 Juni 2021 16:50
Washington: Presiden Amerika Serikat Joe Biden bertolak ke Inggris pada Rabu, 9 Juni 2021, yang menandai dimulainya tur 8 hari Eropa. Ini merupakan kunjungan luar negeri pertama Biden sebagai presiden AS.
 
Nantinya, Biden dijadwalkan mengunjungi Cornwall untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi G7. Dari sana ia akan menghadiri KTT NATO dan juga bertemu langsung Presiden Rusia Vladimir Putin.
 
Tur ini merepresentasika ujian bagi kemampuan Biden dalam menjaga dan memperbaiki hubungan dengan sekutu-sekutu utama AS di Eropa. Selama pemerintahan Donald Trump, hubungan AS dengan sejumlah negara Eropa merenggang karena berbagai hal, termasuk mengenai tarif dagang maupun penarikan diri dari perjanjian internasional.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Apakah aliansi dan institusi demokratis yang terbentuk sejak satu abad terakhir mampu melawan ancaman era modern? Saya yakin jawabannya adalah iya. Di Eropa nanti, kami akan membuktikannya," tutur Biden dalam sebuah artikel yang dirilis di Washington Post.
 
Pertemuan Biden dengan Putin dijadwalkan berlangsung di Jenewa, Swiss, pada 16 Juni mendatang. Biden akan mencoba menyampaikan langsung kekhawatiran AS mengenai dugaan serangan siber Rusia, agresi Moskow terhadap Ukraina, dan beragam isu lainnya.
 
Baca:  Rusia Tegaskan Putin Siap Diskusikan Apapun dengan Biden
 
Sebelum bertemu Putin, Biden akan terlebih dahulu menghadiri KTT G7. Pertemuan tahun ini diyakini akan didominasi diplomasi vaksin Covid-19, perdagangan, perubahan iklim, dan inisiatif membangun kembali infrastruktur global.
 
Dalam KTT G7, Biden kemungkinan akan mendapat tekanan untuk lebih berbagi pasokan vaksin Covid-19 ke negara-negara lain.
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif