Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Tiongkok Xi Jinping akan bertemu pekan depan./AFP
Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Tiongkok Xi Jinping akan bertemu pekan depan./AFP

Putin-Xi Jinping akan Bertemu Pekan Depan di Uzbekistan

Marcheilla Ariesta • 07 September 2022 19:58
Beijing: Presiden Tiongkok Xi Jinping dan Presiden Rusia Vladimir Putin akan bertemu empat mata pekan depan. Pertemuan tersebut akan dilakukan di acara puncak regional di Uzbekistan.
 
Kehadiran Xi Jinping dalam acara tersebut menjadi perjalanan pertamanya ke luar negeri sejak awal pandemi.
 
"Dalam waktu kurang dari 10 hari, para pemimpin kami akan bertemu di KTT Organisasi Kerjasama Shanghai (SCO) di Samarkand," ujar Duta Besar Rusia untuk Tiongkok, Andrey Denisov, dilansir dari Channel News Asia, Rabu, 7 September 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tiongkok dan Rusia saling mendukung di tengah gempuran sanksi Barat. Kedua negara bersama sekutu lainnya saat ini tengah menggelar latihan militer bersama di Laut Jepang.
 
Dalam rekaman Kementerian Pertahanan Rusia pada 4 September 2022, kapal perang Angkatan Laut Rusia dan Tiongkok menembakkan persenjataan ke sasaran di Laut Jepang. Mereka akan berlatih navigasi dalam formasi dan menyapu ranjau terapung.
 
Baca juga: Senyum Puas Putin Saksikan Latihan Militer Gabungan Rusia-Tiongkok
 
Selain Beijing dan Moskow, bergabung dalam latihan militer ini dari Aljazair, India, Belarus, Tajikistan, dan Mongolia. Negara lainnya yakni Laos, Nikaragua, Suriah, Armenia, Kazakhstan, Kyrgyzstan, dan Nikaragua.
 
Sementara itu, Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden berencana bertemu Presiden Tiongkok Xi Jinping di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 jika orang nomor satu di Negeri Tirai Bambu itu memutuskan hadir secara fisik.
 
"Jika dia ada di sana, maka saya pasti akan menemuinya," kata Biden kepada awak media di Gedung Putih.
 
Kemungkinan pertemuan Biden-Xi dapat terjadi di tengah ketegangan AS-Tiongkok atas berbagai isu, mulai dari pandemi Covid-19, tarif dagang era Trump, hingga isu Taiwan.
 
(FJR)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif