Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen. (Olivier HOSLET / POOL / AFP)
Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen. (Olivier HOSLET / POOL / AFP)

Uni Eropa: Penangguhan Gas Rusia ke Polandia dan Bulgaria adalah 'Pemerasan'

Internasional bulgaria uni eropa polandia Rusia-Ukraina Perang Rusia-Ukraina Rusia vs Ukraina
Willy Haryono • 27 April 2022 21:10
Brussels: Uni Eropa melabeli penangguhan pengiriman gas alam Rusia ke Polandia dan Bulgaria sebagai sebuah "pemerasan." Uni Eropa mengaku tengah mempersiapkan sebuah respons terkoordinasi terhadap langkah terbaru Moskow.
 
Perusahaan gas Rusia, Gazprom, menangguhkan pasokannya ke Polandia dan Bulgaria karena keduanya tidak membayar dengan menggunakan mata uang rubel. Ini merupakan respons terkeras Rusia atas serangkaian sanksi Barat yang dijatuhkan kepadanya terkait invasi ke Ukraina.
 
"Pengumuman oleh Gazprom, yang secara sepihak menghentikan penyaluran gas ke sebagian pelanggan di Eropa, adalah upaya lainnya dari Rusia dalam menggunakan gas sebagai instrumen pemerasan," kata Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen, dikutip dari Global News, Rabu, 27 April 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Hal ini tidak dapat dibenarkan dan tidak dapat diterima. Dan ini sekali lagi memperlihatkan Rusia sebagai pemasok gas yang tidak dapat diandalkan," sambungnya.
 
Von der Leyen mengatakan bahwa Uni Eropa telah mempersiapkan diri atas skenario ini, dan akan terus bekerja untuk memastikan pasokan gas masyarakat Eropa terpenuhi.
 
Aturan Uni Eropa mewajibkan semua negara anggota memiliki rencana jangka panjang dalam mengantisipasi krisis pasokan gas. Saat ini, persediaan gas Uni Eropa berada di angka 32 persen.
 
"Uni Eropa sedang mempersiapkan respons terkoordinasi terhadap eskalasi Rusia," sebut von der Leyen. Pagi tadi, perwakilan negara-negara anggota Uni Eropa telah menggelar pertemuan dalam membahas seputar masalah gas.
 
Baca:  Rusia Tangguhkan Pengiriman Gas Alam ke Polandia dan Bulgaria
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif