Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy. (Foto: president.gov.ua)
Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy. (Foto: president.gov.ua)

Presiden Ukraina Desak Rusia Lakukan Pertukaran Tahanan dengan Alasan Kemanusiaan

Marcheilla Ariesta • 24 Mei 2022 14:07
Kiev: Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan, negaranya siap untuk melakukan pertukaran tahanan dengan Rusia. 
 
Ia juga meminta sekutunya untuk menekan Moskow.
 
"Pertukaran orang, ini adalah masalah kemanusiaan dan keputusan yang sangat bergantung pada dukungan banyak negara," kata Zelensky dalam tautan video tanya jawab di Forum Ekonomi Dunia di Davos.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia menegaskan, negaranya tidak membutuhkan prajurit Rusia. "Kami hanya membutuhkan prajurit kami," sambung Zelensky, dikutip oleh Malay Mail, Selasa, 24 Mei 2022.
 
Zelensky menambahkan, bahkan jika pertukaran diadakan besok, Ukraina siap. Menurutnya, Kiev telah melibatkan PBB, Swiss, Israel dan banyak negara lainnya. "Tapi prosesnya rumit," ucapnya.
 
Beberapa ribu orang ditahan setelah Rusia merebut kota pelabuhan Mariupol di tenggara Ukraina. Penangkapan dilakukan sebagai akibat dari pertempuran di wilayah Donbas.
 
Baca: AAYG Sampaikan 3 Solusi untuk Hentikan Perang Rusia-Ukraina
 
Rusia mengirim ribuan tentaranya ke Ukraina pada 24 Februari, yang disebut 'operasi militer khusus'. Mereka mengatakan, akan mendemiliterisasi Ukraina dan membasmi nasionalis berbahaya.
 
Dalam beberapa pekan terakhir, pasukan Rusia telah berusaha untuk mengepung pasukan Ukraina dan sepenuhnya merebut provinsi Luhansk dan Donetsk yang membentuk wilayah Donbas, di mana Moskow mendukung pejuang separatis.
 
(WAH)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif