Presiden AS Joe Biden dan Presiden Rusia Vladimir Putin bertemu di Jenewa, Swiss. Foto: AFP
Presiden AS Joe Biden dan Presiden Rusia Vladimir Putin bertemu di Jenewa, Swiss. Foto: AFP

KTT AS-Rusia: Perang Dingin Hingga Chemistry yang Baik

Fajar Nugraha • 16 Juni 2021 17:03

 
KTT tersebut menandai masuknya Yeltsin ke panggung dunia dan pertemuan Dewan Keamanan PBB pertama yang didedikasikan untuk periode pasca-Perang Dingin.
 

1995: Clinton dan Yeltsin

Bill Clinton dan Boris Yeltsin mengadakan delapan pertemuan puncak selama masa jabatan mereka, yang tumpang tindih selama sebagian besar tahun 1990-an.
 
KTT mereka termasuk satu di Hyde Park, New York pada 1995 di mana kadang-kadang kedua pria itu, yang memiliki banyak perbedaan pendapat selama bertahun-tahun, tampak seperti teman lama.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


KTT itu tidak membawa kesepakatan terobosan tetapi pernyataan Yeltsin pada konferensi pers meringankan suasana, dan menyebabkan Clinton meledak dalam tawa yang tak terkendali.
 
"Apa yang Anda tulis adalah bahwa pertemuan hari ini dengan Presiden Bill Clinton akan menjadi bencana," kata Yeltsin kepada wartawan.
 
"Yah, sekarang untuk pertama kalinya aku bisa memberitahumu bahwa kamu adalah bencana."
 
Clinton menghabiskan beberapa saat mencoba menenangkan diri sambil merangkul Yeltsin dengan ramah. Orang Rusia itu, pada bagiannya, memiliki senyum tenang seorang komikus yang baru saja merobohkan rumah itu.
 
(FJR)
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif