Kanselir Jerman Angela Merkel (dua kanan) mengunjungi salah satu area terdampak banjir di Schuld, Jerman, 18 Juli 2021. (Christof STACHE / AFP / POOL)
Kanselir Jerman Angela Merkel (dua kanan) mengunjungi salah satu area terdampak banjir di Schuld, Jerman, 18 Juli 2021. (Christof STACHE / AFP / POOL)

Merkel Terguncang atas Skala Kerusakan Banjir di Jerman

Willy Haryono • 19 Juli 2021 06:56
Rhineland-Palatinate: Kanselir Jerman Angela Merkel menjanjikan bantuan finansial usai mengunjungi salah satu area yang terkena dampak terparah musibah banjir. Sejauh ini, banjir di Eropa barat telah menewaskan 188 orang, dengan 157 di antaranya ada di Jerman.
 
Ini merupakan bencana alam terburuk di Jerman dalam enam dekade terakhir.
 
"Sungguh mengerikan," kata Merkel kepada warga kota Adenau di negara bagian Rhineland-Palatinate.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Bahasa Jerman kurang dapat mendeskripsikan kehancuran yang terjadi di sini," sambungnya, dilansir dari laman rnz.co.nz, Senin, 19 Juli 2021.
 
Saat upaya pencarian korban banjir berlanjut, kerusakan berlanjut ketika distrik Bavaria di Jerman selatan dilanda banjir bandang. Setidaknya satu orang tewas dalam musibah tersebut.
 
Baca:  Foto: Jerman Mulai Bersihkan Berbenah Pascabanjir Bandang
 
Jalanan berubah menjadi sungai, sejumlah kendaraan tersapu, dan material lumpur memenuhi lahan yang cukup luas di distrik Berchtesgadener Land. Ratusan petugas mencari korban selamat di distrik tersebut, yang berlokasi dekat dengan perbatasan Austria.
 
"Kami tidak siap atas semua ini," kata administrator distrik Berchtesgadener Land, Bernhard Kern.
 
Sekitar 110 orang dinyatakan tewas akibat banjir di distrik Ahrweiler di selatan Cologne. Kepolisian setempat khawatir jumlah korban tewas akan bertambah seiring semakin menyusutnya genangan banjir.
 
Banjir di Eropa barat, yang terjadi pada Rabu kemarin, sebagian besar melanda Rhineland-Palatinate, North Rhine-Westphalia, dan sebagian wilayah Belgia. Jaringan komunikasi di area-area terdampak tersebut terputus usai terjadinya banjir.
 
Di North Rhine-Westphalia, setidaknya 46 orang meninggal akibat banjir. Sementara di Belgia, jumlah korban telah bertambah menjadi 31 orang pada hari Minggu kemarin.
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif