Foto udara memperlihatkan kondisi banjir di Bahia, Brasil. (Manuella LUANA/AFP)
Foto udara memperlihatkan kondisi banjir di Bahia, Brasil. (Manuella LUANA/AFP)

Korban Tewas Banjir di Brasil Jadi 20 Orang

Internasional banjir brasil Bencana Banjir Hujan Deras
Medcom • 28 Desember 2021 14:08
Bahia: Korban tewas banjir yang dipicu hujan deras di negara bagian Bahia, Brasil, dilaporkan bertambah menjadi 20 orang pada Senin, 27 Desember. Peningkatan angka kematian terjadi di tengah derasnya aliran banjir yang berdampak kepada hampir 63 ribu orang.
 
Dilansir dari AFP, Selasa, 28 Desember 2021, pemerintah setempat melaporkan, dua kematian baru di tengah banjir tercatat di kota Itabuna. Mereka adalah seorang laki-laki berusia 21 tahun yang hanyut oleh arus, dan perempuan berusia 33 tahun yang terkena tanah longsor.
 
"Kami sedang mengalami bencana terbesar dalam sejarah Bahia," kata Gubernur Bahia, Rui Costa, yang terus mengawasi jalannya operasi penyelamatan di daerah terdampak bencana sejak Sabtu kemarin.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ketinggian air mulai menurun di Sungai Cachoeira, dan diperkirakan akan terus membaik dalam beberapa hari ke depan," ujarnya.
 
Sejumlah rumah terendam air dan sejumlah ruas jalan berubah menjadi seperti sungai di beberapa kota di selatan Bahia. Sejak kamis kemarin, Bahia diguyur hujan deras yang juga telah membuat dua bendungan jebol.
 
Baca:  Diguyur Hujan Deras, Dua Bendungan di Brasil Jebol
 
Di Itapetinga, rekaman udara media AFP memperlihatkan tiga pria mendayung di atas kasur jerami di salah satu ruas jalan yang sudah terlihat mirip kolam besar. Sejumlah rumah terlihat tergenang hingga bagian jendela.
 
Menurut Badan Perlindungan Sipil Bahia (Sudec), jumlah orang yang mengungsi dalam bencana banjir di Bahia telah berttambah hampir dua kali lipat menjadi 62.796 sejak Minggu kemarin.
 
Setidaknya 358 orang terluka dalam bencana banjir di Bahia, wilayah yang sudah diguyur hujan deras sejak November lalu. Secara total, otoritas Brasil memperkirakan bahwa 116 kota, termasuk 100 yang menerapkan status darurat di Bahia, telah terkena dampak hujan deras. (Nadia Ayu Soraya)
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif