Warga menggunakan kasur tiup di tengah banjir di Bahia, Brasil, 26 Desember 2021. (Manuella LUANA / AFP)
Warga menggunakan kasur tiup di tengah banjir di Bahia, Brasil, 26 Desember 2021. (Manuella LUANA / AFP)

Diguyur Hujan Deras, Dua Bendungan di Brasil Jebol

Internasional banjir Bendungan brasil Bencana Banjir Hujan Deras
Medcom • 27 Desember 2021 12:22
Itabuna: Dua bendungan di Bahia, Brasil, jebol usai wilayah tersebut diguyur hujan deras selama berpekan-pekan. Air dari bendungan membuat sejumlah sungai di Bahia semakin meluap pada Minggu, 26 Desember.
 
Dilansir dari VOA, Senin 27 Desember 2021, bendungan Igua di Sungai Verruga dekat kota Vitoria da Conquista di Bahia selatan jebol pada Sabtu malam. Otoritas setempat pun langsung mengevakuasi warga sekitar, terutama yang tinggal di kota Itambe.
 
Wali Kota Sheila Lemos mengatakan bahwa semua warga di dekat bendungan Igua telah dievakuasi. Ia mengatakan banjir berpotensi memutus akses jalan raya BR-116, sebuah rute utama penghubung wilayah selatan dan timur laut Brasil.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Di Jussiape, bendungan kedua juga jebol karena tingginya debit air dari guyuran hujan. Seperti di Vitoria da Conquista, petugas juga mengevakuasi semua warga ke tempat yang lebih aman.
 
Sejauh ini tidak ada laporan kematian maupun korban luka dalam insiden jebolnya kedua bendungan, meski beberapa jembatan dan ruas jalan dilaporkan rusak.
 
Sementara itu di pesisir Itabuna, kota dengan 200 ribu penduduk, dinas pemadam kebakaran menyelamatkan warga yang terjebak banjir di rumah mereka masing-masing.
 
"Ada gelombang tinggi setinggi hampir dua meter," kata seorang penjaga toko, Luiz Constancia.
 
Petugas gabungan menggunakan perahu dalam menyusuri jalanan tergenang banjir untuk mengevakuasi warga atau menyalurkan bantuan kepada mereka. Di tengah upaya penyelamatan ini, seorang pria terlihat menaiki sebuah kasur tiup untuk mencapai rumahnya.
 
Baca:  Banjir dan Longsor di Brasil Tewaskan 30 Orang
 
Masyarakat Itabuna mengatakan bahwa level ketinggian air di sungai Cachoeira merupakan yang tertinggi dalam 50 tahun terakhir.
 
Gubernur Bahia, Rui Castro, mengatakan bahwa sekitar 400 ibu orang di wilayahnya terkena dampak hujan deras. Ribuan warga Bahia telah dievakuasi dari 67 kota yang kini menerapkan status darurat banjir.
 
"Ribuan orang harus meninggalkan rumah mereka karena ketinggian air bertambah menjadi 1 hingga 2 meter, atau bahkan 3 meter di beberapa lokasi," tutur Castro kepada awak media.
 
Hujan deras di Bahia sejak November lalu telah menewaskan total 18 orang, termasuk pemilik kapal feri berusia 60 tahun yang tenggelam di Rio das Contas. (Nadia Ayu Soraya)
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif