Warga Brasil menggunakan jet ski di tengah area terdampak banjir di Bahia, 26 Desember 2021. (Manuella LUANA / AFP)
Warga Brasil menggunakan jet ski di tengah area terdampak banjir di Bahia, 26 Desember 2021. (Manuella LUANA / AFP)

Korban Tewas Banjir Brasil Jadi 18 Orang, Puluhan Ribu Warga Mengungsi

Internasional brasil Bencana Banjir Hujan Deras
Medcom • 27 Desember 2021 14:29
Bahia: Korban tewas bencana banjir di Bahia, Brasil, bertambah menjadi 18 orang per hari Minggu kemarin, 26 Desember. Banjir berskala masif itu terjadi akibat guyuran hujan deras di Bahia sejak November lalu, yang juga telah memaksa 35 ribu orang mengungsi dari rumah mereka masing-masing.
 
Dilansir dari France 24, Senin, 27 Desember 2021, petugas pemadam kebakaran Bahia mengonfirmasi tambahan satu kemattian, yakni seorang pria berusia 60 tahun. Ia tenggelam di sebuah sungai di Bahia Selatan pada Minggu kemarin.
 
Dua orang masih dinyatakan hilang, sementara 19.580 warga telah mengungsi dan 16.001 lainnya masih mencari tempat perlindungan. Badan Perlindungan Sipil Bahia (Sudec) mencatat, total 35 ribu warga telah mengungsi di tengah bencana banjir.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sudec menambahkan, 286 orang mengalami luka-luka akibat terkena imbas hujan deras di Bahia sejak bulan lalu. Menurut perkiraan, banjir di Bahia berdampak kepada lebih dari 430.800 orang, dan situasinya semakin memburuk dalam beberapa hari terakhir.
 
Menurut Sudec, jumlah kota di Bahia yang menerapkan status darurat bertambah menjadi 72. Dari total tersebut, 58 di antaranya berstatus krisis banjir.
 
Di hari yang sama, otoritas Bahia melaporkan jebolnya dua bendungan. Salah satunya adalah bendungan Igua di Sungai Verruga, dekat kota Vitoria da Conquista di Bahia Selatan.
 
Baca:  Diguyur Hujan Deras, Dua Bendungan di Brasil Jebol
 
"Ini adalah tragedi yang sangat besar," kata Gubernur Bahia, Rui Costa, usai melakukan survei daerah-daerah terdampak banjir dengan pesawat.
 
"Seingat saya tidak pernah ada bencana sebesar ini dalam sejarah Bahia. Jumlah rumah, jalan, dan kota yang terendam banjir benar-benar mengerikan," ujar Costa.
 
Operasi gabungan layanan darurat federal dan negara bagian Bahia telah dikerahkan sejak Sabtu lalu. Tujuan utama operasi gabungan ini adalah menyelamatkan ribuan warga terdampak banjir dan juga mencari mereka yang masih dinyatakan hilang. (Nadia Ayu Soraya)
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif