Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky. (AFP)
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky. (AFP)

Zelensky Yakin Rudal yang Hantam Polandia Berasal dari Rusia

Willy Haryono • 16 November 2022 06:53
Przewodow: Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengomentari serangan rudal yang mendarat di Polandia dan menewaskan setidaknya dua orang pada Selasa, 15 November 2022. Meski belum ada konfirmasi, Zelensky meyakini bahwa rudal tersebut berasal dari Rusia.
 
"Ini adalah serangan rudal Rusia terhadap keamanan kolektif (NATO). Ini adalah eskalasi yang sangat signifikan. Kita harus bertindak," kata Zelensky, dikutip dari laman Telegraph.co.uk.
 
"Dan saya ingin mengatakan sekarang kepada semua saudara dan saudari Polandia kami - Ukraina akan selalu mendukung Anda," ungkapnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ledakan akibat rudal terjadi di sebuah peternakan dekat desa Przewodow di Polandia, sekitar enam kilometer dari perbatasan dengan Ukraina. Serangan ini terjadi setelah Presiden Rusia Vladimir Putin memerintahkan gelombang serangan rudal baru.
 
Jika terkonfirmasi, berasal dari Rusia, maka itu adalah serangan fatal pertama di teritori negara anggota Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) sejak invasi Moskow ke Ukraina pada Februari lalu.
 
Baca:  Rudal yang Diduga dari Rusia Hantam Polandia, Tewaskan 2 Orang
 
Seorang pejabat senior intelijen AS mengatakan bahwa "rudal Rusia" bertanggung jawab atas serangan di Polandia. Namun hingga saat ini, Kementerian Pertahanan AS atau Pentagon belum dapat menguatkan laporan tersebut.
 
Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg sebelumnya telah memperingatkan bahwa aliansi mereka akan melindungi "setiap inci" dari teritori anggota. Di bawah Pasal 5 NATO, setiap serangan terhadap satu anggota adalah serangan terhadap semua.
 
Perdana Menteri Polandia Mateusz Morawiecki pada Selasa malam telah menggelar rapat darurat dengan komite keamanannya, tetapi belum mengomentari laporan mengenai serangan di Prezewodow. Ia juga berbicara dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden melalui panggilan telepon.
 
Polandia sempat mempertimbangkan menggunakan Pasal 4 NATO tadi malam, yaitu terkait mengumpulkan semua negara anggota untuk konsultasi. Polandia juga mengatakan hendak menyiagakan pasukannya setelah serangan rudal di Przewodow.
 
(WIL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif