Pesawat Antonov AN-124. (Ronny Hartmann / AFP)
Pesawat Antonov AN-124. (Ronny Hartmann / AFP)

10 Pesawat Rusia Terjebak di Jerman

Willy Haryono • 14 Agustus 2022 18:05
Berlin: Hampir enam bulan usai penutupan ruang udara Uni Eropa (UE) bagi pesawat-pesawat Rusia, sepuluh unit pesawat yang dimiliki atau dikendalikan Moskow masih berada di Jerman.
 
Kabar disampaikan media Redaktionsnetzwerk Deutschland (RND) pada Minggu, 14 Agustus 2022, mengutip keterangan dari Kementerian Transportasi Jerman.
 
"Karena terkena larangan lepas landas dan terbang di bawah rezim UE, pesawat-pesawat itu tidak dapat digunakan oleh pemiliknya, dan tidak bisa dipindahkan ke lokasi lain," ujar keterangan Kementerian Transportasi Jerman.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut laporan, terdapat tiga pesawat Antonov AN-124 di Leipzig, sebuah Bombardier BD-100-1A10 Challenger 300 dan satu unit Boeing 737 di Cologne, dan satu Boeing 747 di Frankfurt-Hahn.
 
Empat pesawat lainnya ada di Baden-Baden, yaitu sebuah Cessna 750 Citation X, dua Embraer ERJ-135BJ Legacy 600 dan satu Bombardier BD-700-1A10 Global Express XRS.
 
Penutupan ruang udara ini merupakan respons UE terhadap invasi Rusia ke Ukraina pada 24 Februari lalu.
 
Hingga saat ini, belum ada tanda-tanda larangan itu akan dicabut karena pertempuran antar pasukan Rusia dan Ukraina juga masih berlangsung.
 
Sebelumnya, Rusia telah membalas langkah UE dengan menolak memberi izin kepada pesawat milik Eropa yang hendak terbang ke Moskow.
 
Baca:  Bela Belarusia, Rusia Larang Pesawat Eropa Masuk Negaranya
 
(WIL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif