Presiden AS Joe Biden. (CHIP SOMODEVILLA / Getty / AFP)
Presiden AS Joe Biden. (CHIP SOMODEVILLA / Getty / AFP)

Gedung Putih: Biden Tak Berniat Bertemu Putin

Willy Haryono • 03 Desember 2022 11:45
Washington: Gedung Putih mengatakan bahwa saat ini Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden "tidak berniat" menggelar negosiasi dengan Presiden Rusia Vladimir Putin dalam mengakhiri perang di Ukraina. Pernyataan disampaikan satu hari usai Biden terindikasi hendak menyampaikan tawaran untuk berbicara dengan Putin.
 
"Kami belum berada pada satu titik di mana dialog dapat membuahkan hasil saat ini," kata juru bicara keamanan nasional Gedung Putih John Kirby kepada awak media.
 
Dalam sebuah konferensi pers pada Kamis lalu bersama Presiden Prancis Emmanuel Macron, Biden berkata: "Saya siap berbicara dengan Putin jika dia memutuskan mencari cara untuk mengakhiri perang. Dia belum melakukan hal tersebut."

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Saat ditanya mengenai komentar Biden, Kirby mengatakan sang presiden merasa bahwa Putin belum memperlihatkan ketertarikan untuk berbicara.
 
"Putin sama sekali tidak terlihat ingin berdialog," sebut Kirby, dilansir dari laman voanews.com, Jumat, 2 Desember 2022.
 
"Presiden (Biden) sama sekali tidak mengindikasikan bahwa ini adalah waktunya untuk berbicara. Faktanya, dia secara konsisten menegaskan bahwa hanya Presiden (Ukraina) Volodymyr Zelensky yang dapat menentukan kapan dan di mana berlangsungnya suatu dialog," sambung dia.
 
Baca:  Untuk Akhiri Konflik Ukraina, Biden: Saya dengan Senang Hati Duduk Bersama Putin
 
Jumat kemarin, Rusia mengatakan Putin siap bernegosiasi dengan Barat. Namun syarat dari dialog itu adalah, Barat harus mengakui "wilayah-wilayah baru" yang dianeksasi Rusia dari Ukraina.
 
Kremlin mengatakan, sebelum adanya dialog, Barat harus menerima proklamasi Putin bahwa Kherson dan tiga wilayah lainnya di Ukraina kini sudah menjadi milik Rusia.
 
Juru bicara Pemerintah Rusia, Dmitry Peskov, mengatakan kepada awak media: "Presiden Federas Rusia selalu siap bernegosiasi untuk memastikan kepentingan-kepentingan kami."
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun Google News Medcom.id
 
(WIL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif