Giorgia Meloni, perempuan pertama yang menjadi perdana menteri di Italia. (Andreas SOLARO / AFP)
Giorgia Meloni, perempuan pertama yang menjadi perdana menteri di Italia. (Andreas SOLARO / AFP)

Ini Dia Sosok PM Perempuan Pertama Italia, Giorgia Meloni

Marcheilla Ariesta • 26 September 2022 17:16
Roma: Giorgia Meloni menjadi perdana menteri perempuan pertama di Italia setelah partai sayap kanannya, Fratelli d'Italia atau Persaudaraan Italia, mendapat suara terbanyak dalam pemilihan umum nasional pada Minggu, 25 September kemarin.
 
Berdasarkan hasil sementara dari surat suara yang dua pertiganya telah dihitung, partai Giorgio Meloni meraih 26 persen suara. Ia berhasil mengalahkan saingan terdekatnya, Enrico Letta dari partai berhaluan kiri-tengah.
 
"Italia telah mengirim pesan jelas mendukung pemerintah sayap kanan yang dipimpin Partai Persaudaraan Italia," kata Giorgia Meloni sembari mengacungkan papan bertuliskan "Terima kasih Italia."

Siapa Sebenarnya Giorgia Meloni?

Dikutip dari laman CNN, Senin, 26 September 2022, Giorgia Meloni adalah perempuan berusia 45 tahun yang berasal dari Roma. Selama masa kampanye, dirinya menyerukan slogan 'Tuhan, negara, dan keluarga.'

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Giorgia Meloni memimpin Partai Persaudaraan Italia yang selama ini menjunjung pandangan skeptis soal persatuan Eropa dalam Uni Eropa, kebijakan anti-imigrasi, dan anti-LGBTQ hingga hak aborsi.
 
Ia memiliki pandangan cukup berbeda dalam sejumlah isu jika dibandingkan dengan sejumlah pesaingnya dalam pemilu kali ini, contohnya dalam hal perang Rusia dan Ukraina. Giorgia Meloni dengan kuat mendukung pasokan senjata ke Ukraina agar Kyiv dapat mempertahankan diri dari invasi Rusia.
 
Sebaliknya, pemimpin liga sayap kanan Matteo Salvini, yang sebelum perang adalah pengagum setia Presiden Rusia Vladimir Putin, telah menyuarakan keprihatinan bahwa sanksi barat dapat berakhir lebih merugikan kepentingan ekonomi Italia daripada menghukum kepentingan Rusia.
 
"Dalam dunia politik di mana setiap orang mengatakan satu hal dan melakukan hal lain yang berbeda, sistem nilai (partai) kami cukup jelas," kata Giorgia Meloni.
 
"Anda mungkin suka atau tidak suka, tapi kami tidak pernah menyesatkan," paparnya lagi.
 
Selama bertahun-tahun, Giorgia Meloni diabaikan kelas politik Italia yang didominasi laki-laki. Ia melewati perjalanan panjang dari seorang remaja yang mengagumi pemimpin fasis Benito Mussolini hingga memimpin partai sayap kanannya sendiri ke ambang kekuasaan di Italia.
 
Identitas perempuan dan sesosok ibu melekat kuat pada citra Giorgia Meloni. Politikus sayap kanan itu bahkan pernah mencalonkan diri sebagai wali kota ketika sedang hamil tujuh bulan, di saat jajaran politisi laki-laki meragukan kemampuannya.
 
Namun kini, jalan Giorgia Meloni menuju puncak kekuasaan semakin menonjol lantaran latar belakangnya yang sederhana. Giorgia Meloni dibesarkan di lingkungan kelas pekerja oleh seorang ibu tunggal di Garbatella.
 
Giorgia Meloni lahir di Roma pada 15 Januari 1977. Ayahnya adalah seorang penasihat pajak yang berasal dari Sardinia, sedangkan ibunya adalah warga Sisilia. Sang ayah meninggalkan keluarga mereka ketika Giorgia Meloni masih berusia sebelas tahun.
 
Baca:  Cetak Sejarah! Giorgia Meloni Jadi PM Perempuan Pertama di Italia
 
(WIL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif