Kawat berduri terpasang di salah satu titik perbatasan Polandia. (Wojtek RADWANSKI / AFP)
Kawat berduri terpasang di salah satu titik perbatasan Polandia. (Wojtek RADWANSKI / AFP)

Rudal Hantam Polandia, KBRI Warsawa Imbau WNI Hindari Wilayah Perbatasan

Willy Haryono • 16 November 2022 10:47
Warsawa: Serangan rudal menghantam Polandia dan menewaskan setidaknya dua orang pada Selasa, 15 November 2022. Sejumlah laporan mengindikasikan bahwa rudal tersebut meluncur dari arah Rusia.
 
KBRI Warsawa sebagai perwakilan diplomatik Indonesia di Polandia mengeluarkan tiga imbauan terkait serangan tersebut.
 
"Bagi para WNI yang berada di Polandia, dimohon untuk tetap tenang, menghindari perjalanan ke wilayah timur Polandia yang berbatasan langsung dengan Ukraina, senantiasa memantau perkembangan keadaan, memverifikasi pemberitaan di media dengan sumber resmi, serta secara berkala memantau media sosial KBRI Warsawa," ujarnya, dalam keterangan tertulis KBRI Warsawa kepada awak media, Rabu, 16 November 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kedua, bagi para WNI di Polandia yang belum melakukan lapor diri untuk segera melakukannya melalui tautan https://peduliwni.kemlu.go.id/beranda.html.
 
Ketiga, untuk keadaan darurat dan mengancam jiwa, WNI dapat menghubungi hotline KBRI Warsawa di no Wa +48 728 239 137.
 
Kementerian Pertahanan Rusia melayangkan bantahan, dan menyebut sejumlah laporan terkait tuduhan tersebut sebagai sebuah "provokasi yang disengaja."
 
Namun menurut Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, serangan rudal tersebut diduga berasal dari Rusia. "Ini adalah serangan rudal Rusia terhadap keamanan kolektif (NATO). Ini adalah eskalasi yang sangat signifikan. Kita harus bertindak," kata Zelensky.
 
NATO dan Uni Eropa terus memantau secara seksama perkembangan terkait serangan rudal di Polandia. Sementara di Amerika Serikat (AS), Presiden Joe Biden mengatakan bahwa serangan di Polandia kemungkinan bukan berasal dari Rusia.
 
Baca:  Serangan Rudal di Polandia, Biden Bela Rusia?
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun Google News Medcom.id.
 
(WIL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif