Presiden AS Donald Trump. (Foto: AFP)
Presiden AS Donald Trump. (Foto: AFP)

Trump Bela Kelompok Pendukung di Portland dan Kenosha

Internasional amerika serikat Penembakan Jacob Blake
Willy Haryono • 01 September 2020 08:20
Washington: Presiden Amerika Serikat Donald Trump membela para pendukungnya atas aktivitas dalam bentrokan berdarah di kota Portland dan Kenosha belum lama ini. Menurut Trump, para pendukungnya itu hanya berusaha membela diri.
 
Seorang reporter dari media CNN bertanya kepada Trump apakah dirinya akan mengecam sekelompok pendukungnya yang menembakkan peluru berisi cat dalam bentrokan dengan demonstran Black Lives Matter di Portland, Oregon.
 
Dalam bentrokan tersebut, seorang anggota kelompok sayap kanan Patriot Prayer tewas ditembak seorang tersangka yang dilaporkan sebagai anggota antifa -- jaringan aktivis sayap kiri.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Senin kemarin, polisi mengidentifikasi korban penembakan sebagai Aaron Danielson.
 
"Saya menyadari ada banyak pendukung di luar sana, tapi mereka hanya melakukan aksi protes damai," ucap Trump kepada reporter CNN. "Peluru cat hanya sebagai mekanisme pertahanan diri. Cat bukan peluru," sambungnya.
 
"Tapi para pendukung Anda telah menembak seorang pemuda. Mereka membunuhnya bukan dengan cat, tapi peluru," ungkap Trump, dikutip dari laman BBC, Selasa 1 September 2020.
 
Reporter lainnya bertanya kepada Trump apakah dirinya akan mengecam penembakan di Kenosha, Wisconsin, yang diduga dilakukan seorang remaja. Remaja bernama Kyle Rittenhouse, 17, pernah terlihat dalam beberapa aksi mendukung Trump.
 
"Kami sedang menyelidiki kejadian itu. Anda melihat rekaman video yang sama dengan saya, dan di sana terlihat dia berusaha menjauh dari kerumunan orang. Tapi kemudian dia terjatuh, dan mereka menyerangnya secara brutal," sebut Trump.
 
"Saya rasa saat itu dia sedang berada dalam masalah besar, karena mungkin saya dia bisa terbunuh," lanjutnya.
 
Rittenhouse diduga telah menembak tiga orang dalam aksi protes mengecam kematian pria kulit hitam Jacob Blake di Kenosha. Dua orang tewas dalam penembakan tersebut. Pengacara Rittenhouse mengaku akan menentang dakwaan pembunuhan terhadap kliennya dengan basis tindakan membela diri.
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif