Warga AS berpelukan saling memberi semangat dalam protes di Kenosha. Foto: AFP.
Warga AS berpelukan saling memberi semangat dalam protes di Kenosha. Foto: AFP.

Pelaku Penembakan Demonstran Dituduh Enam Dakwaan Pidana

Internasional penembakan as Penembakan Jacob Blake
Marcheilla Ariesta • 28 Agustus 2020 19:53
Wisconsin: Kyle Rittenhouse didakwa dengan enam dakwaan pidana atas penembakan pengunjuk rasa di Wisconsin, Amerika Serikat. Dia merupakan pelaku penembakan yang menewaskan dua orang dan melukai satu lainnya.
 
Pengadilan menuduhnya dengan enam dakwaan pidana atas penembakan tersebut.
 
Remaja 17 tahun tersebut mengatakan kepada awak media bahwa tugasnya adalah untuk menjaga gedung di Kenosha dari pengunjuk rasa.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Profil media sosialnya menunjukkan dia sebagai pendukung Presiden Amerika Serikat Donald Trump. Dia juga sangat bersemangat mengenai polisi dan senjata.
 
Penembakan terjadi pada malam ketiga protes atas penembakan Jacob Blake, seorang warga AS kulit hitam di Wisconsin. Pengacara Blake mengatakan membutuhkan keajaiban untuk kliennya bisa berjalan lagi.
 
Dalam video yang beredar di media sosial, terlihat seorang pria dengan senapan yang dikejar kerumunan pedemo. Saat pria itu jatuh, ia menembaki para pedemo.
 
Joseph Rosenbaum, 36, dan Anthony Huber, 26, keduanya tewas dalam insiden itu. Sementara Gaige Grosskreutz,26, terluka akibat penembakan tersebut.
 
Kyle Rittenhouse ditangkap di rumah ibunya di Antioch, Illinois pada Rabu lalu. Dia secara resmi didakwa dengan dua dakwaan pembunuhan dan satu percobaan pembunuhan pada Kamis kemarin.
 
"Terdakwa secara sembrono membahayakan keselamatan dan dituduh dengan dakwaan kepemilikan senjata berbahaya," kata jaksa, dilansir dari BBC, Jumat, 28 Agustus 2020.
 
Kenosha merupakan kota dengan penduduk sekitar 100 ribu orang di tepi barat Danau Michigan. Insiden penembakan Blake hanya terjadi beberapa bulan setelah kematian George FLoyd yang tewas karena kekerasan polisi.
 
Penembakan Blake memicu demonstrasi baru di Kenosha, dan di kota-kota lain seluruh AS. Sejumlah pertandingan olah raga AS dibatalkan akibat protes.
 
(FJR)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif