Presiden Panama Laurentino Cortizo. (Chandan KHANNA / AFP)
Presiden Panama Laurentino Cortizo. (Chandan KHANNA / AFP)

Presiden Panama Didiagnosis Mengidap Kelainan Darah Langka

Marcheilla Ariesta • 21 Juni 2022 12:14
Panama City: Presiden Panama Laurentino Cortizo mengatakan bahwa dirinya divonis mengidap kelainan darah langka yang dikenal sebagai myelodysplastic. Ia mengaku akan mencari pendapat medis kedua mengenai penyakit tersebut.
 
Menurut American Cancer Society, sindrom myelodysplastic dianggap sebagai jenis kanker yang mempengaruhi kemampuan tubuh dalam membuat sel darah sehat di sumsum tulang.
 
Cortizo mengatakan bahwa prognosisnya berisiko sedang. "Saya baik, dan dalam semangat yang baik," katanya, dilansir dari AFP, Selasa, 21 Juni 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia menambahkan, penyakit ini tidak akan menghalanginya dalam melanjutkan tugas kenegaraan sebagai presiden.
 
Diagnosis myelodysplastic diterima Cortizo pada 16 Juni. Dalam pemeriksaan darah rutin pada Mei lalu, Cortizo mengalami penurunan level hemoglobin dan jumlah sel darah putih. Setelah itu, dokter merekomendasikan biopsi sumsum tulang, dan penyakit langka itu pun terdeteksi..
 
Cortizo akan menerima opini kedua dari dokter spesialis di Houston, Texas, Amerika Serikat (AS). Rencana pemeriksaan ini akan dilakukan setelah ia memberikan pidato kenegaraan tahunan di Majelis Nasional Panama pada 1 Juli mendatang.
 
Terlepas dari diagnosis ini, pria berusia 69 tahun itu mengatakan bahwa kondisi kesehatannya secara umum relatif baik.
 
Berdasarkan keterangan Badan Kesehatan Nasional Inggris, perawatan untuk sindrom myelodysplastic meliputi transfusi darah hingga kemoterapi atau transplantasi sel induk.
 
Baca:  Idap Penyakit Langka, Perempuan di Bandung Barat Tak Tidur 7 Tahun
 
(WIL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif