Mantan Presiden AS Donald Trump. (AFP)
Mantan Presiden AS Donald Trump. (AFP)

Trump Disebut Pernah Coba Menyetir Paksa Limo ke Lokasi Kerusuhan Capitol

Medcom • 29 Juni 2022 19:33
Washington: Salah satu staf pemerintahan periode Donald Trump, Cassidy Hutchinson, bersaksi bahwa sang mantan presiden pernah mencoba mengambil alih kemudi mobil limosin dari sopir Secret Service. Kala itu, Trump disebut hendak mengendarai sendiri mobil limosin untuk bergabung dengan massa yang menyerbu Gedung Capitol.
 
Trump masuk ke mobil setelah berbicara kepada para pendukungnya di sebuah acara dekat Gedung Putih pada 6 Januari 2021. Hutchinson kemudian meminta Trump untuk tidak pergi ke sana.
 
"Saya adalah presiden, bawa saya ke Capitol sekarang," kata Trump dengan kata kasar, menurut keterangan Hutchinson, yang mengatakan bahwa kejadian itu diceritakan kepadanya oleh pejabat lain. Karena perintah itu tidak diikuti, Trump mencoba merebut kendali mobil.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Penasihat Gedung Putih Pat Cipollone telah menyuarakan kekhawatiran hukum seputar Trump pergi ke Capitol bersama para pendukungnya, kata Hutchinson.
 
"Kita akan didakwa dengan beragam tuntutan kejahatan jika kita melakukannya," ucap Hutchison, menirukan peringatan Cipollone.
 
Hutchinson, mantan ajudan tinggi Gedung Putih dengan akses ke Trump dan teknis kerja internal Sayap Barat, bersaksi pada sidang kejadian 6 Juni oleh komite DPR yang menyelidiki serangan terhadap US Capitol.
 
Sebagai asisten eksekutif untuk kepala staf Trump Mark Meadows, ia adalah tokoh sentral di Gedung Putih terkait kekacauan pada 6 Januari tahun lalu.
 
Dalam beberapa kesaksian paling meledak-ledak dalam persidangan sejauh ini, Hutchinson mengatakan Trump dan beberapa letnan terkemukanya menyadari ada kemungkinan kekerasan menjelang peristiwa di US Capitol. Hal ini bertentangan dengan klaim bahwa kejadian di Capitol terjadi secara spontan, dan tidak ada hubungannya dengan pemerintah.
 
Hutchinson mengatakan ia ingat bosnya pernah berkata sekitar empat hari sebelum kejadian. "Semuanya mungkin akan menjadi sangat, sangat buruk pada 6 Januari." (Kaylina Ivani)
 
Baca:  Terungkap, Kepala Staf Trump Pimpin Penyerbuan Gedung Capitol pada 2021
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif