Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, dalam peluncuran COVAX AMC Investment Opportunity
Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, dalam peluncuran COVAX AMC Investment Opportunity

Berhasil Kirim 1 Miliar Vaksin, COVAX Tunjukkan Kekuatan Multilateral

Marcheilla Ariesta • 20 Januari 2022 00:55
Jenewa: COVAX Facility berhasil mengirimkan 1 miliar dosis vaksin covid-19. Keberhasilan COVAX menunjukkan kekuatan multilateral.
 
"Kita berhasil memiliki akses ke vaksin, sekarang, kendalanya adalah kapasitas pengiriman," kata Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, dalam peluncuran COVAX AMC Investment Opportunity, Rabu, 19 Januari 2022.
 
Tedros mengatakan untuk mencapai 70 persen vaksinasi di setiap populasi negara pada pertengahan tahun ini, maka upaya pengiriman vaksin perlu diintensifkan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"WHO bersama UNICEF dan GAVI mengintensifkan upaya untuk meningkatkan dukungan pengiriman vaksin ke negara-negara yang membutuhkan bantuan di Afrika dan di tempat lain," kata dia.
 
Menurutnya, investasi diperlukan untuk membangun kapasitas sistem pengiriman. Sehingga, dapat cepat mengantarkan vaksin disuntikkan di tangan penerima.
 
Namun, kata Tedros, vaksin hanyalah gambaran. "Kita perlu terus mendorong kesetaraan akses vaksin, juga pengujian covid-19 dan penerimaan oksigen," kata dia.
 
Tedros menyebut koordinasi global dan pendanaan merupakan satu-satunya cara mengalahkan virus covid-19 di 2022. "Kita bisa akhiri fase akut pandemi atau memperpanjang. Para pemimpin dunia yang punya pilihannya," tegas dia.
 
Baca: Lewat COVAX, Menlu Retno Ajak Dunia Berinvestasi untuk Solidaritas Vaksin
 
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif