Pasukan Ukraina terus melakukan perlawanan terhadap Rusia. Foto: AFP
Pasukan Ukraina terus melakukan perlawanan terhadap Rusia. Foto: AFP

Sedih, Tentara Ukraina Bebaskan Tanah Tak Berpenghuni dari Rusia

Medcom • 06 Oktober 2022 01:36
Sviatohirsk: Tentara Ukraina telah mencapai serangkaian keberhasilan dalam operasi militer melawan Rusia pada beberapa pekan terakhir. Akan tetapi, keuntungan ini datang dengan suatu fakta yang menyedihkan, yaitu tanah yang telah diperoleh kembali sebagian besar tidak berpenghuni dan menjadi reruntuhan.
 
Di hutan pinus dan perbukitan di mana pertempuran saat ini sedang berlangsung di timur laut dan timur Ukraina misalnya, truk bahan bakar, tank, dan truk pickup bergemuruh di sepanjang jalan berlumpur untuk menekan serangan, melewati kota dan desa yang hancur total dan terbengkalai.
 
Di Lyman, pusat regional yang strategis dan penting yang didapat kembali oleh tentara Ukraina pada hari Sabtu lalu, tepatnya sehari setelah Rusia menyatakan wilayah itu telah diduduki, angin bersiul di atas bagian kota di mana setiap rumah dilenyapkan menjadi tumpukan batu bata.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tidak hanya itu saja. Di dekat Sviatohirsk, kota yang dulunya ramai melayani turis dan peziarah yang mengunjungi biara Ortodoks yang dihormati, hotel Roche Royal benar-benar kosong. Bahkan hampir setiap jendela pecah, kamar dan koridornya dikotori dengan bungkus ransum Rusia dan pecahan kaca.
 
"Kami membebaskan tanah, tetapi tanpa orang di atasnya," kata Vitaly Zagoruyko, seorang prajurit di tentara Ukraina, saat dia menjaga dermaga untuk perahu motor yang digunakan tentara untuk menyeberangi Sungai Donets Siversky di samping jembatan yang meledak, seperti yang dikutip dalam laman The Straits Time, pada Kamis, 6 Oktober 2022.
 
Saat Zagoruyko melihat sekeliling kota yang hancur, dia kemudian berbicara tentang perilaku tentara Rusia yang telah menduduki mereka.
 
"Mereka datang kepada kami dan berkata, 'Kami adalah orang-orang bersaudara.' Dan saya berkata, 'Kami bukan saudara sekarang.' Saudara tidak membunuh saudara," ujarnya.
 
Sementara itu, dalam dua serangan balasan di selatan dan timur laut, militer Ukraina merebut kembali wilayah dengan cepat. Pada hari Selasa, pihak berwajib mengatakan bahwa mereka telah menembus pertahanan Rusia di wilayah Kherson selatan.
 
Kemajuan itu tentunya menggembirakan warga Ukraina. Hal ini juga membuka panorama dari beberapa kehancuran terburuk yang terlihat dalam perang, setelah kota-kota dan desa-desa diperebutkan dua kali dalam invasi Rusia dan serangan balik Ukraina.
 
Di wilayah Donbas timur, sebanyak 80 persen populasi melarikan diri ke barat sebelum invasi Rusia musim dingin lalu. Mereka menjadi pengungsi secara internal di Ukraina barat atau pengungsi di Eropa.
 
Pada saat Ukraina melakukan serangan balik pada bulan lalu, beberapa dari mereka yang tersisa melarikan diri dari pertempuran ke timur menuju ke Rusia. 
 
“Beberapa berlari ke arah lain, menuju musuh,” ujar Zagoruyko tentang mantan penghuni kota hantu yang sekarang dia jaga.
 
Namun, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky tetap berusaha membatasi penerbangan warga Ukraina ke Rusia selama serangan balasan. Dalam pidato malamnya pada hari Senin, dia meyakinkan warga Ukraina yang tinggal di wilayah yang telah diperoleh kembali negara bahwa mereka akan diperlakukan secara adil oleh pihak berwajib Ukraina yang kembali.
 
Diketahui, tentara Rusia membunuh sejumlah warga sipil Ukraina yang tidak jelas dalam pertempuran dan eksekusi di luar hukum selama pendudukan. Tidak sampai di situ, mereka lalu  mengosongkan wilayah yang sekarang diperoleh kembali oleh Ukraina.
 
Sementara itu, pihak berwajib Ukraina belum memberikan perkiraan lengkap tentang hilangnya populasi di daerah-daerah yang diperoleh kembali dalam serangan tersebut. Namun dalam satu indikasi, menurut laporan dari polisi setempat, tentara Ukraina membebaskan kota Lyman dengan sekitar 5 ribu penduduk yang tersisa dari populasi sebelum perang sebanyak 22 ribu. (Gabriella Carissa Maharani Prahyta)
 
(FJR)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif