Konsultasi politik antar delegasi Indonesia dan Kroasia di Zagreb, 4 Juli 2022. (Kemenlu RI)
Konsultasi politik antar delegasi Indonesia dan Kroasia di Zagreb, 4 Juli 2022. (Kemenlu RI)

Tingkatkan Hubungan Bilateral, Indonesia-Kroasia Gelar Konsultasi Politik

Willy Haryono • 06 Juli 2022 07:55
Zagreb: Dalam rangka meningkatkan hubungan bilateral kedua negara, Kementerian Luar Negeri RI dan dan Kemenlu Kroasia telah melaksanakan pertemuan konsutasi politik (Political Consultation) bertempat di Gedung Kementerian Luar Negeri dan Eropa Kroasia (MVEP) di kota Zagreb pada Senin, 4 Juli.
 
Delegasi Kemenlu RI dipimpin Direktur Jenderal Amerika dan Eropa Kemenlu RI didampingi Duta Besar RI untuk Kroasia beserta jajaran. Sedangkan Delegasi Kroasia diketuai oleh Direktur Jenderal Politik MVEP dan beranggotakan pejabat dari Divisi Asia Oseania serta Divisi Kerja Sama Ekonomi Bilateral MVEP. 
 
Berdasarkan keterangan di situs Kemenlu RI, Selasa, 5 Juli 2022, pertemuan secara umum membahas mengenai perkembangan hubungan dan kerja sama Indonesia-Kroasia di berbagai bidang, seperti ekonomi, pariwisata, people-to-people contact, dan pertahanan keamanan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Turut menjadi topik bahasan adalah isu-isu di kawasan maupun global yang menjadi perhatian bersama, di antaranya dinamika di ASEAN, Uni Eropa, krisis Ukraina-Rusia, situasi di kawasan Balkan Barat maupun saling dukung di berbagai organisasi internasional.
 
Kedua pihak juga akan mendorong terlaksananya pertemuan di tingkat Menteri Luar Negeri, termasuk di sela-sela pertemuan internasional seperti Sidang Majelis Umum PBB.
 
Selanjutnya, sebagai upaya untuk memperkenalkan profil dan prioritas Indonesia kepada para pejabat Kroasia, Direktur Jenderal Amerika dan Eropa juga memberikan kuliah umum di Gedung Akademi Diplomatik MVEP yang dihadiri oleh sekitar 40 orang yang merupakan pejabat di MVEP serta anggota Croatian Diplomatic Club.
 
Adapun topik yang diangkat dalam kuliah umum seputar kebijakan luar negeri Indonesia, posisi Indonesia dalam sejumlah isu terkini, serta peran Presidensi Indonesia di G-20.
 
Rangkaian kegiatan Political Consultation dan Kuliah Umum di tahun ini bertepatan dengan momentum perayaan 30 tahun Hubungan Diplomatik antara RI-Kroasia yang secara resmi telah dibangun sejak 2 September 1992 silam. Kedua negara tetap berkomitmen untuk senantiasa meningkatkan kerja sama di berbagai bidang di masa yang akan datang.
 
Baca:  Prabowo Berharap Peningkatan Kerja Sama Pertahanan dengan Kroasia
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif