Petugas menghitung surat suara dalam pemilu Senat AS di Georgia pada Selasa, 5 Januari 2021. (AFP)
Petugas menghitung surat suara dalam pemilu Senat AS di Georgia pada Selasa, 5 Januari 2021. (AFP)

Tokoh Republik Unggul Sementara dalam Pemilu Senat di Georgia

Internasional amerika serikat joe biden donald trump Pilpres AS 2020
Willy Haryono • 06 Januari 2021 11:17
Georgia: Senator petahana Partai Republik David Perdue unggul sementara dalam penghitungan suara pemilihan umum putaran kedua untuk posisi Senat Amerika Serikat di Georgia. Pemilu ini akan menentukan apakah Republik atau Partai Demokrat yang akan menguasai mayoritas Senat.
 
Dilansir dari laman Sputnik pada Rabu, 6 Januari 2020, Perdue tipis 50,48 persen dibanding Jon Ossoff dari Partai Demokrat di angka 49,52 persen. Total suara yang sudah dihitung mencapai 61,01 persen.
 
Petahana Republik lainnya, Kelly Loeffler, juga unggul sementara dari Raphael Warnock dengan selisih tipis 50,11 - 49,89 persen suara. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jika Perdue atau Loeffler menang dalam pemilu ini, maka Republik akan tetap mempertahankan mayoritasnya di Senat. Mayoritas di Senat memungkinkan Republik untuk memblokade berbagai kebijakan Demokrat di pemerintahan mendatang.
 
Namun jika Osoff atau Warnock berhasil meraih kursi Senat, maka Demokrat berpotensi mencapai mayoritas Senat. Mayoritas Senat merupakan hal penting bagi Demokrat yang saat ini sudah menguasai Dewan Perwakilan Rakyat AS.
 
Baca: Hasil Pemilu Senat di Georgia Krusial Bagi Pemerintahan Biden
 
Selama beberapa tahun terakhir, Senat AS didominasi Partai Republik. Presiden terpilih AS Joe Biden berharap dapat mengubah hal tersebut dan menguasai Kongres, agar pemerintahannya dapat lebih mudah meloloskan berbagai kebijakan.
 
Karena begitu menentukan, pemilu Senat di Georgia mendapat sorotan nasional, dan juga meliputi dana sumbangan bernilai jutaan dolar.
 
Biden dan petahana Donald Trump telah berkampanye di Georgia pada Senin kemarin. Biden meminta warga Georgia untuk memilih Demokrat demi menyongsong masa depan baru, sementara Trump menegaskan pemilu di Georgia adalah "garis pertahanan terakhir" terhadap Demokrat.
 
Hasil pemilu Senat di Georgia ini diperkirakan akan diketahui masyarakat AS pada Rabu pagi waktu setempat.
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif