Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky. (AFP)
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky. (AFP)

Zelenksy Tegaskan Enggan Bicara dengan Putin

Marcheilla Ariesta • 27 Mei 2022 20:38
Jakarta: Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan, Ukraina tidak ingin berbicara dengan Presiden Rusia Vladimir Putin. Namun, mereka harus menghadapi kenyataan bahwa dialog mungkin diperlukan untuk mengakhiri perang.
 
"Ada hal-hal yang perlu didiskusikan dengan pemimpin Rusia," kata Zelensky dalam forum Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI), Jumat, 27 Mei 2022.
 
Ia menegaskan, apa yang diinginkan Ukraina hanya hidup mereka kembali normal seperti sebelum invasi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami ingin merebut kembali kehidupan sebuah negara berdaulat di dalam wilayahnya sendiri," ujar dia.
 
Zelensky menambahkan, Rusia tampaknya belum siap untuk pembicaraan damai yang serius.
 
Bulan lalu, Zelensky mengungkapkan peristiwa yang mungkin memaksa negaranya untuk menarik diri dari negosiasi damai dengan Rusia. Serangan di Mariupol menjadi pemicunya.
 
"Jika orang-orang kami dihancurkan di Mariupol, jika sebuah referendum, sebuah referendum semu, diumumkan di setiap republik semu baru di Ukraina, Ukraina akan menarik diri dari proses negosiasi apa pun,” kata Zelensky.
 
Ia mengulangi keinginannya untuk melakukan pembicaraan langsung dengan Vladimir Putin, karena perang dapat dihentikan oleh orang yang memulainya. Zelensky menjelaskan bahwa, menurutnya, negosiasi langsung bisa menjadi cara yang lebih efektif untuk mencapai perdamaian daripada berbicara melalui mediator.
 
"Saya ingin menghentikan perang dan mengakhirinya. Ada jalur diplomatik dan jalur militer. Setiap orang yang sehat memilih jalur diplomatik karena dia tahu bahwa meskipun sulit, itu dapat mencegah hilangnya jutaan orang," tutur Zelensky.
 
Baca: Dunia Krisis Bahan Pangan, Zelensky Sebut Gara-Gara Rusia
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif