Pemimpin Partai Buruh Norwegia Jonas Gahr Store. (Marit Hommedal / NTB / AFP)
Pemimpin Partai Buruh Norwegia Jonas Gahr Store. (Marit Hommedal / NTB / AFP)

Partai Oposisi Sayap Kiri Menang Telak dalam Pemilu Norwegia

Internasional norwegia Pemilu Norwegia Erna Solberg
Willy Haryono • 14 September 2021 07:19
Oslo: Oposisi sayap kiri Norwegia yang dipimpim pemimpin Partai Buruh Jonas Gahr Store menang dalam pemilu parlemen, Sein, 13 September. Pemilu Norwegia kali ini didominasi pertanyataan seputar masa depan industri minyak di negara tersebut.
 
Kemenangan sayap kiri otomatis menyingkirkan koalisi berhaluan tengah-kanan pimpinan Perdana Menteri Erna Solberg yang sudah berkuasa sejak 2013.
 
"Kami telah menanti, berharap, dan bekerja sangat keras. Kini akhirnya kami berhasil melakukannya," tutur Store kepada para pendukungnya, dilansir dari laman France 24, Selasa, 14 September 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Solberg telah mengakui kekalahannya dalam pemilu Norwegia. Atas kemenangan oposisi, Store kemungkinan besar akan menjadi PM baru d Norwegia.
 
"Tugas pemerintah konservatif sudah berakhir kali ini," tutur Solberg.
 
"Saya mengucapkan selamat kepada Jonas Gahr Store, yang kelohatannya meraih mayoritas untuk melakukan perubahan di pemerintahan," sambungnya.
 
Baca:  PM Erna Solberg Diperkirakan Sulit Menang dalam Pemilu Norwegia
 
Dalam beberapa survei terbaru, oposisi Norwegia diproyeksikan meraih 100 dari 169 kursi parlemen. Partai Buruh bahkan diproyeksikan menang dengan mayoritas absolut, yang angkanya mencapai 95 persen.
 
Angka besar tersebut dapat menghapus kekhawatiran mengenai perlunya dukungan banyak partai dalam mencapai mayoritas parlemen.
 
"Norwegia telah mengiriman sinyal jelas: pemilu memperlihatkan bahwa masyarakat menginginkan kehidupan yang lebih adil," sebut Store.
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif