Perdana Menteri Erna Solberg telah berkuasa di Norwegia sejak 8 tahun terakhir. (Ali Zare NTB/AFP)
Perdana Menteri Erna Solberg telah berkuasa di Norwegia sejak 8 tahun terakhir. (Ali Zare NTB/AFP)

PM Erna Solberg Diperkirakan Sulit Menang dalam Pemilu Norwegia

Internasional norwegia perubahan iklim
Willy Haryono • 12 September 2021 17:05
Oslo: Isu perubahan iklim mendominasi pemilihan umum parlemen Norwegia yang dijadwalkan dimulai pada Senin besok, 13 September 2021. Partai Konservatif yang berkuasa saat ini diperkirakan akan kalah dari koalisi Partai Buruh.
 
Pemimpin Partai Buruh Jonas Gahr Store berharap dapat merebut kekuasaan dari Perdana Menteri Erna Solberg, yang telah memimpin Norwegia sejak delapan tahun terakhir.
 
Beberapa survei mengindikasikan Solberg akan sulit untuk kembali menang. Pertanyaan dalam pemilu parlemen kali ini adalah, apakah Store nantinya mampu mendapat mayoritas parlemen lewat koalisi dengan partai-partai berhaluan sentral dan sosialis.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jika mayoritas tidak tercapai, maka Store harus mencari dukungan dari beberapa partai kecil lainnya.
 
"Sesuatu yang dramatis harus dilakukan jika partai haluan sayap kanan ingin menang," kata ilmuwan politik Johannes Bergh dari Institut Riset Sosial Norwegia kepada kantor berita AFP, belum lama ini.
 
Kampanye pemilu parlemen Norwegia kali ini difokuskan pada industri perminyakan. Di Eropa barat, Norwegia adalah negara penghasil minyak terbesar.
 
Norwegia memberlakukan kebijakan ramah lingkungan untuk menangani perubahan iklim dalam beberapa tahun terakhir, namun menurut Store, semua itu belum cukup.
 
Ia bertekad mengenalkan kebijakan iklim yang "adil" dan mempersempit kesenjangan sosial dan ekonomi di tengah masyarakat. "Kita belum cukup berbuat banyak dalam proses transisi iklim kita," tutur pria 61 tahun itu kepada AFP.
 
"Setelah politik sayap kanan berkuasa selama delapan tahun, kesenjangan terus meningkat di Norwegia," pungkas Store.
 
Baca: Pemilu Norwegia Didominasi Kampanye Perubahan Iklim
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif