Ribuan warga Kanada mengikuti pawai lintas agama di London, Ontario pada Jumat, 11 Juni 2021. (Nicole OSBORNE / AFP)
Ribuan warga Kanada mengikuti pawai lintas agama di London, Ontario pada Jumat, 11 Juni 2021. (Nicole OSBORNE / AFP)

Warga Kanada Kenang Pembunuhan Keluarga Muslim dengan Pawai Lintas Agama

Internasional terorisme ujaran kebencian kanada Justin Trudeau
Willy Haryono • 12 Juni 2021 19:04
Ottawa: Ribuan warga Kanada ikut serta dalam pawai lintas agama untuk mengenang empat orang dalam satu keluarga Muslim yang tewas dibunuh dalam serangan truk pada akhir pekan kemarin.
 
Acara pawai digelar di lokasi terjadinya serangan. Saat kejadian pekan kemarin, lima orang dari satu keluarga tiba-tiba ditabrak seseorang yang mengemudikan truk dalam kecepatan tinggi di London, provinsi Ontario.
 
Empat korban meninggal dunia, sementara satu lainnya -- bocah berusia sembilan tahun -- berhasil selamat tanpa luka yang membahayakan jiwa.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dikutip dari laman Al Arabiya pada Sabtu, 12 Juni 2021, rombongan pawai lintas agama dalam mengecam rasisme dan Islamofobia berkumpul di sebuah masjid di London, sekitar tujuh kilometer dari lokasi serangan.
 
Para peserta pawai, yang juga meliputi anak-anak beserta orang tua mereka, memukul-mukul drum di tengah lantunan lagu "Give Peace a Chance" yang dinyatakan sejumlah warga.
 
Sebagian lainnya terlihat datang dengan membawa poster bertuliskan "kebencian membunuhmu" dan "kita semua manusia."
 
Setelah mengheningkan cipta untuk mengenang tragedi pekan kemarin, perwakilan dari sejumlah agama menyampaikan pidato yang berisi kecaman terhadap kebencian. Mereka semua mengapresiasi dukungan luas masyarakat Kanada terhadap komunitas Muslim yang berjumlah sekitar 30 ribu di London, Ontario.
 
Kegiatan serupa dalam mengenang pembunuhan pekan kemarin juga berlangsung di Toronto, Ottawa, Montreal, dan Quebec.
 
Tersangka pembunuhan bernama Nathaniel Veltman, 20, telah didakwa empat pasal pembunuhan dan satu percobaan pembunuhan. Jika terbukti bersalah, maka ia terancam dijatuhi vonis penjara seumur hidup.
 
Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau telah menyebut serangan yang menewaskan keluarga Muslim di Ontario pekan kemarin sebagai sebuah "serangan teroris."
 
Baca:  PM Kanada: Pembunuhan Keluarga Muslim adalah Aksi Teroris
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif