Tersangka penikaman novelis Salman Rushdie mengaku sangat menghormati mantan pemimpin tertinggi Iran, Ayatollah Ruhollah Khomeini./AFP
Tersangka penikaman novelis Salman Rushdie mengaku sangat menghormati mantan pemimpin tertinggi Iran, Ayatollah Ruhollah Khomeini./AFP

Tersangka Penikaman Salman Rushdie Akui Hormati Eks Pemimpin Tertinggi Iran

Marcheilla Ariesta • 18 Agustus 2022 11:59
New York: Tersangka penikaman novelis terkenal Salman Rushdie, Hadi Matar mengatakan, dirinya menghormati mantan pemimpin tertinggi Iran, Ayatollah Ruhollah Khomeini. Ia mengakui dirinya tidak terlalu menyukai Rushdie.
 
"Saya menghormati Ayatollah. Saya pikir dia orang yang hebat. Sejauh itu yang akan saya katakan tentang itu," kata Matar dalam wawancara video dari Penjara Kabupaten Chautauqua.
 
"Saya tidak terlalu menyukainya," ucap Matar mengenai Rushdie, dilansir dari New York Post, Kamis, 18 Agustus 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Matar mengatakan, ia membaca beberapa halaman dari karya Rushdie yang paling kontroversial 'The Satanic Verses' - Ayat-ayat Setan. Ia menuliskan di Twitter, dirinya akan ke Institusi Chautauqua tempat Rushdie mengisi acara.
 
Rushdie, 75, akan memberikan kuliah tentang kebebasan artistik di tempat barat New York ketika seseorang menelepon dirinya. Polisi mengatakan, Matar bergegas ke panggung dan menikam penulis kelahiran India itu pada Jumat pekan lalu.
 
Baca juga: Iran Salahkan Salman Rushdie dan Pendukungnya atas Penikaman di New York
 
"Dia adalah seseorang yang menyerang Islam, dia menyerang kepercayaan mereka, sistem kepercayaan," kata Matar. Namun, ia membantah melakukan kontak dengan Garuda Revolusi Iran.
 
Pengacara Matar yang ditunjuk pengadilan mengatakan dia tidak mengetahui jika kliennya melakukan wawancara dengan New York Post. "Saya tidak mengizinkan sumber luar, baik dengan atau tanpa bantuan pemerintah, untuk melakukan kontak dengan klien saya," kata pengacara Nathaniel Barone.
 
Matar, dari Fairview, New Jersey, mengaku tidak bersalah atas tuduhan percobaan pembunuhan dan penyerangan pada penampilan pengadilan pada Sabtu lalu. Hakim diperkirakan akan menjatuhkan dakwaan yang secara resmi menguraikan dakwaan yang dihadapi Matar.

 
(FJR)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif