Salut senjata dilakukan menghormati kematian Ratu Elizabeth II./AFP
Salut senjata dilakukan menghormati kematian Ratu Elizabeth II./AFP

Salut Senjata Ditembakkan Sebanyak 96 Kali, Sesuai Umur Ratu Elizabeth II

Marcheilla Ariesta • 09 September 2022 19:56
London: Salut senjata akan ditembakkan dari Hyde Park, Menara London dan lokasi di seluruh negeri untuk menandai kematian Ratu Elizabeth II. Tembakan akan dimulai pukul 13.00 waktu Inggris.
 
Satu putaran akan ditembakkan setiap sepuluh detik, dengan 96 putaran mewakili satu putaran untuk setiap tahun kehidupan Ratu. Penghormatan lainnya akan berlangsung di Belfast, Cardiff, Edinburgh, Colchester, York dan di pangkalan angkatan laut.
 
"Salut senjata ditembakkan sebagai tanda penghormatan atau penyambutan, terutama pada peringatan hari jadi kerajaan dan ketika seorang kepala negara yang sedang berkunjung bertemu dengan raja," demikian dilaporkan The Guardian, Jumat, 9 September 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tradisi ini sudah ada sejak berabad-abad yang lalu, dan ada catatan sejarah tentang penghormatan yang terjadi pada awal abad ke-14 ketika senjata mulai diadopsi secara luas.
 
Baca juga: Periode Berkabung Kerajaan Resmi akan Dimulai Hingga 7 Hari Setelah Pemakaman Ratu
 
Penghormatan serupa dilakukan untuk menandai kematian Ratu Victoria pada 1901 dan Winston Churchill pada 1965.
 
Selain salut senjata, hari ini akan diadakan pidato publik pertama Raja Charles III setelah kematian ibunya. Ia saat ini telah meninggalkan Balmoral menuju ke London. 
 
Setibanya di London, ia akan bertemu dengan Perdana Menteri Liz Truss dan menyampaikan pidato pertamanya tersebut.
 
Charles akan diproklamasikan secara resmi sebagai raja pada Sabtu besok di Dewan Aksesi. Lalu, ia akan diproklamasikan kembali dihadapan publik di Kota London, tepatnya di Royal Exchange pada tengah hari.
 
(FJR)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif