Sekelompok prajurit Polandia bersiaga di daerah perbatasan. (Wojtek RADWANSKI / AFP)
Sekelompok prajurit Polandia bersiaga di daerah perbatasan. (Wojtek RADWANSKI / AFP)

Enggak Mau 'Kemasukan' Imigran, Polandia Bakal Bangun Tembok Dekat Rusia

Marcheilla Ariesta • 26 Oktober 2022 12:10
Warsawa: Pemerintah Polandia mewacanakan pembangunan tembok perbatasan dekat wilayah Kaliningrad, Rusia. Rencana pembangunan dilakukan dalam mengantisipasi kemungkinan adanya gelombang imigran dari wilayah tersebut.
 
Sejak tahun lalu, Belarusia dan Rusia dituding melakukan "perang hibrida" dengan menyelundupkan imigran Timur Tengah melalui teritori mereka dengan tujuan menggoyang stabilitas negara-negara anggota Uni Eropa.
 
Polandia khawatir krisis tahun lalu, di mana ribuan imigran mencoba melintasi Belarusia, dapat terulang kembali.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Krzysztof Sobolewski, Sekretaris Jenderal Partai Hukum dan Keadilan Polandia (PiS) menyebutkan, negaranya ingin membangun tembok yang berbatasan langsung dengan wilayah terluar dari Rusia.
 
"Kami akan memperkuat pasukan kami di bagian ini, dan juga mempertimbangkan membangun sebuah pembatas seperti yang sudah kami bangun di perbatasan Polandia-Belarusia," kata Sobolewski, dikutip dari Al Arabiya, Rabu, 26 Oktober 2022.
 
Media Rusia telah melaporkan bahwa Kaliningrad telah membuka penerbangan dari Timur Tengah dan Asia dalam upaya menarik lebih banyak maskapai penerbangan dan wisatawan.
 
Menurtu Sobolewski, lonjakan kedatangan imigran bisa saja terjadi dalam beberapa pekan ke depan setelah pembukaan jalur udara di Kaliningrad.
 
Juru bicara Pemerintah Rusia, Dmitry Peskov, mengatakan kepada wartawan bahwa Rusia tidak akan ikut campur jika seandainya Polandia jadi membuat tembok perbatasan dekat Kaliningrad.
 
"Sejarah membuktikan bahwa keputusan membangun tembok merupakan kebodohan. Kenapa? karena dalam hitungan tahun atau puluhan tahun, semua tembok akan runtuh," katanya.
 
Sobolewski mengatakan saat ini ada tanda-tanda kelompok imigran yang lebih besar di dekat perbatasan Belarusia.
 
Polandia telah membangun penghalang baja setinggi 5,5 meter, dilengkapi sensor gerak dan kamera, membentang sekitar 187 kilometer di perbatasan Belarusia.
 
Sebelumnya, Pemerintah Polandia mengatakan bahwa penjaga perbatasan telah menerima dana untuk membangun sensor 'penghalang elektronik' dan kamera di perbatasan Kaliningrad.
 
Baca:  Ukraina Antisipasi Kemungkinan Serangan dari Arah Belarusia
 
(WIL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif