Prajurit Ukraina berada di medan pertempuran di Donetsk, 10 Oktober 2022. (Anatolii STEPANOV / AFP)
Prajurit Ukraina berada di medan pertempuran di Donetsk, 10 Oktober 2022. (Anatolii STEPANOV / AFP)

Ukraina Antisipasi Kemungkinan Serangan dari Arah Belarusia

Willy Haryono • 11 Oktober 2022 15:49
Jakarta: Konflik bersenjata antara Rusia dan Ukraina terus memanas dari hari ke hari. Eskalasi terbaru terjadi pada Senin kemarin, setelah pasukan Rusia meluncurkan puluhan rudal ke arah Ukraina, termasuk ke ibu kota Kyiv.
 
Duta Besar Ukraina untuk Indonesia Vasyl Hamianin mengatakan serangan rudal ke Ukraina kemungkinan masih akan berlanjut dalam beberapa hari ke depan. Bukan saja dari Rusia, tapi berpotensi juga datang dari Belarusia.
 
"Belarusia telah menuduh Ukraina sedang mempersiapkan invasi ke negara mereka. Belarusia memperingatkan bahwa pihaknya dapat mengambil langkah-langkah antisipasi," ucap Dubes Vasyl dalam keterangan kepada awak media di Jakarta, Selasa, 11 Oktober 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Mungkin, serangan dari arah Belarusia sedang dipertimbangkan saat ini oleh (Vladimir) Putin dan (Alexander) Lukashenko," sambungnya, merujuk pada nama Presiden Rusia dan Belarusia.
 
Dubes Vasyl mengatakan saat ini pihak Ukraina tengah mengantisipasi terjadinya eskalasi lebih lanjut, termasuk kemungkinan masuknya pasukan asing dari arah Belarusia. Serangan lanjutan, baik yang dilancarkan Rusia atau mungkin juga Belarusia, berpotensi menghantam Kyiv dan kota-kota lainnya.
 
Meski situasi semakin mencekam di seputar ibu kota, Dubes Vasyl mengatakan bahwa masyarakat Ukraina tidak pernah takut. Ia mengatakan bahwa sejumlah warga bukan bertanya, "ke mana saya harus melarikan diri atau bersembunyi," melainkan "bagaimana cara saya bisa membantu?"
 
Rentetan serangan Rusia ke Ukraina pada Senin kemarin telah menewaskan lebih dari 10 orang dan melukai puluhan lainnya. Serangan tersebut mendapat kecaman luas dari komunitas global, termasuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).
 
Ukraina belum mengetahui pasti apa penyebab Rusia meluncurkan puluhan rudal seperti itu, walau ada dugaan terkait dengan serangan yang menghantam jembatan penghubung Krimea dan Negeri Beruang Merah.
 
Selain menewaskan sejumlah warga sipil Ukraina, rentetan serangan Rusia juga merusak beberapa infrastruktur listrik dan air bersih.
 
Baca:  Ukraina Desak Masyarakat Internasional Hukum Serangan Udara Rusia
 
(WIL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif