Menlu AS Mike Pompeo. (AFP)
Menlu AS Mike Pompeo. (AFP)

AS akan Nyatakan Houthi sebagai Organisasi Teroris

Internasional amerika serikat konflik yaman pemberontak houthi Mike Pompeo
Willy Haryono • 11 Januari 2021 16:04
Washington: Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo berencana menyatakan pemberontak Houthi di Yaman sebagai sebuah organisasi teroris. Rencana ini sudah dapat diperkirakan sejumlah pihak, di masa-masa terakhir berakhirnya pemerintahan AS di bawah kepemimpinan Presiden Donald Trump.
 
Penetapan Houthi sebagai organisasi teroris oleh AS dijadwalkan berlaku mulai 19 Januari mendatang.
 
Dalam sebuah pernyataan pada Minggu malam, Pompeo mengatakan bahwa penetapan status organisasi teroris ini sebagai bentuk respons terhadap berbagai aksi Houthi, seperti "penyerangan lintas perbatasan yang membahayakan keselamatan warga sipil serta infrastruktur publik."

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pompeo menambahkan bahwa penetapan status organisasi teroris ini juga bertujuan untuk membantu mendorong diakhirinya konflik Yaman yang pertama kali meletus pada akhir 2014.
 
Menurut data Perserikatan Bangsa-Bangsa pada Desember lalu, diestimasi sekitar 233 ribu orang tewas dalam konflik di Yaman. Dari total tersebut, 131 ribu di antaranya meninggal akibat kekurangan makanan atau kesulitan mendapat akses kesehatan.
 
Baca:  Paus Fransiskus Khawatirkan Nasib Anak-Anak di Yaman
 
Menjelang penetapan status ini, sejumlah grup hak asasi manusia khawatir situasi kemanusiaan di Yaman akan semakin memburuk, terutama di kalangan masyarakat sipil.
 
"Amerika Serikat menyadari adanya kekhawatiran mengenai penetapan (status organisasi teroris) terhadap situasi kemanusiaan di Yaman," sebut Pompeo.
 
"kami berencana menerapkan sejumlah langkah untuk mengurangi dampaknya terhadap situasi kemanusiaan serta kegiatan impor barang ke Yaman," lanjut dia.
 
Dalam keterangannya, Pompeo menyerukan kepada Iran untuk berhenti menyalurkan persenjataan ke Houthi. Ia juga menyerukan Houthi untuk memutus hubungan dengan Korps Garda Revolusioner Iran atau IRGC.
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif