Presiden Rusia Vladimir Putin (kanan) berbicara dengan Presiden Belarusia Alexander Lukashenko di Saint Petersburg, 25 Juni 2022. (Mikhail Metzel / SPUTNIK / AFP)
Presiden Rusia Vladimir Putin (kanan) berbicara dengan Presiden Belarusia Alexander Lukashenko di Saint Petersburg, 25 Juni 2022. (Mikhail Metzel / SPUTNIK / AFP)

Rusia Berencana Pasok Rudal Nuklir ke Belarusia

Willy Haryono • 26 Juni 2022 08:23
Saint Petersburg: Rusia berencana memasok sistem rudal yang bisa dipasangi hulu ledak nuklir, Iskander-M, ke Belarusia dalam beberapa bulan ke depan. Pernyataan disampaikan langsung Presiden Rusia Vladimir Putin pada Sabtu, 25 Juni 2022.
 
"Dalam beberapa bulan ke depan, kami akan mentransfer sistem misil taktis Iskander-M, yang dapat dipasangi rudal balistik atau jelajah, baik dalam kapasitas konvensional atau nuklir," kata Putin, dikutip dari DW.
 
Pernyataan Putin ditanyakan di saluran televisi Rusia, di awal pertemuannya dengan Presiden Belarusia Alexander Lukashenko di Saint Petersburg.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Putin mengatakan detail logistik mengenai pengiriman senjata akan didiskusikan antar menteri pertahanan kedua negara.
 
Selain Iskander-M, Putin juga menawarkan Belarusia peningkatan kapabilitas pesawat jet tempur Su-25 agar bisa membawa senjata nuklir.
 
"Modernisasi ini dapat dilakukan di pabrik-pabrik pesawat di Rusia, dan pelatihan para personelnya juga dapat dimulai mengikuti program tersebut," sebut Putin.
 
Belarusia merupakan pemain kunci dalam perang Rusia terhadap Ukraina. Belarusia menjadi lokasi berkumpulnya pasukan Rusia yang menginvasi Ukraina pada 24 Februari.
 
Ukraina mengatakan pada Sabtu kemarin bahwa pasukan Rusia menembakkan puluhan rudal ke kota Zhytomyr dan Chernihiv dari Belarusia.
 
Baca:  Ukraina ‘Siap' jika Belarusia Gabung Invasi Rusia
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif