Ukraina siap hadapi Belarusia jika bergabung bersama Rusia. Foto: AFP
Ukraina siap hadapi Belarusia jika bergabung bersama Rusia. Foto: AFP

Ukraina ‘Siap' jika Belarusia Gabung Invasi Rusia

Internasional ukraina rusia Rusia-Ukraina Belarusia Perang Rusia-Ukraina
Fajar Nugraha • 05 Mei 2022 06:33
Kiev: Ukraina menyatakan kesiapan jika angkatan bersenjata Belarusia bergabung dengan Rusia untuk perang. Hal tersebut diungkapkan setelah Belarusia tiba-tiba saja melakukan latihan perang besar-besaran.
 
Belarusia yang merupakan sekutu dekat Rusia mengumumkan bahwa angkatan bersenjatanya telah memulai latihan militer untuk menguji kesiapan tempur mereka. Pengumuman pada Rabu 4 Mei 2022 itu telah menimbulkan kekhawatiran di Eropa bahwa Belarus dapat membantu invasi Rusia dan serangan baru di Ukraina utara di mana ibukotanya, Kiev, berada.
 
“Kami tidak mengesampingkan bahwa Federasi Rusia pada titik tertentu dapat menggunakan wilayah Belarus, Angkatan Bersenjata Republik Belarus untuk melawan Ukraina,” kata Andriy Demchenko, juru bicara Layanan Perbatasan Negara Ukraina.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Oleh karena itu, kami siap,” imbuhnya, seperti dikutip dari CNN, Kamis 5 Mei 2022.
 
Belarus bersikeras bahwa latihan itu tidak menimbulkan ancaman bagi tetangganya di Eropa.
 
“Direncanakan tes kesiapan tempur akan melibatkan pergerakan sejumlah besar kendaraan militer, yang dapat memperlambat lalu lintas di jalan umum,” kata Kementerian Pertahanan Belarusia dalam sebuah pernyataan.
 
Sementara pada kesempatan lain, Presiden Belarusia Alexander Lukashenko berbicara dengan Presiden Rusia Vladimir Putin pada Selasa dan keduanya membahas operasi Rusia di Ukraina serta isu lainnya.

 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif