Petugas pemadam berusaha memadamkan kebakaran di sebuah rumah sakit di Rumania pada 14 November 2020. (AFP)
Petugas pemadam berusaha memadamkan kebakaran di sebuah rumah sakit di Rumania pada 14 November 2020. (AFP)

10 Pasien Covid-19 Tewas dalam Kebakaran di Rumania

Internasional kebakaran Virus Korona Rumania
Willy Haryono • 15 November 2020 07:56
Bucharest: Setidaknya 10 orang tewas dan beberapa lainnya terluka parah dalam kebakaran di sebuah rumah sakit yang menangani pasien virus korona (covid-19) di Rumania pada Sabtu, 14 November. Kebakaran berasal dari unit perawatan intensif di sebuah rumah sakit umum di kota Piatra Neamt.
 
Seorang dokter yang berusaha menyelamatkan para pasiennya, dikabarkan berada dalam kondisi kritis akibat mengalami luka bakar serius.
 
Menteri Kesehatan Rumania Nelu Tataru mengatakan kepada media lokal bahwa kebakaran "kemungkinan besar dipicu hubungan pendek arus listrik." Ia mengonfirmasi bahwa sejumlah pasien yang dirawat di rumah sakit tersebut sudah dipindahkan ke fasilitas lain di kota Iasi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dokter yang mengalami luka bakar serius juga sudah dipindahkan ke rumah sakit di ibu kota Bucharest dengan menggunakan pesawat militer.
 
"Ada sejumlah staf medis yang mengalami luka bakar, bukan hanya dokter jaga," sebut Tataru, dilansir dari laman BBC pada Minggu, 15 November 2020. Ia mengaku tengah bertolak menuju Piatra Neamt usai terjadinya kebakaran.
 
Delapan dari 10 korban dilaporkan tewas di ruangan lantai dua tempat pertama kalinya api berkobar. Sementara dua korban lainnya dinyatakan tewas di sebuah ruangan di sampingnya.
 
Semua korban tewas dalam insiden ini merupakan pasien covid-19. Saat kejadian, banyak pasien covid-19 lainnya sedang menjalani perawatan dengan menggunakan ventilator.
 
Kementerian Kesehatan Rumania meyakini api menyebar dengan cepat karena banyaknya tabung oksigen di lokasi kejadian.
 
Rumania melaporkan lebih dari 350 ribu kasus covid-19 sejak awal pandemi, dengan kematian berada di angka 8.813. Jumat kemarin, Rumania mencatat rekor 9.489 kasus harian covid-19, 174 kematian, dan 1.149 pasien di unit perawatan intensif.
 
Baca;27 Orang Tewas Dalam Kebakaran Klub Malam di Rumania
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif