Presiden AS Joe Biden akan wajibkan pekerja untuk divaksinasi. Foto: AFP.
Presiden AS Joe Biden akan wajibkan pekerja untuk divaksinasi. Foto: AFP.

Biden Tegaskan Pekerja AS Wajib Divaksin

Internasional Amerika Serikat joe biden pandemi covid-19 vaksin covid-19 Vaksinasi covid-19
Marcheilla Ariesta • 10 September 2021 13:54
Washington: Presiden Amerika Serikat Joe Biden mengumumkan serangkaian langkah untuk meningkatkan vaksinasi covid-19 di negaranya. Beberapa langkah yang diumumkan termasuk mewajibkan karyawan federal untuk mendapatkan vaksin.
 
Biden juga mengamanatkan pengusaha besar untuk memastikan pekerja mereka divaksinasi atau dites covid-19 setiap pekan.
 
Ia mengutarakan kekecewaannya terhadap beberapa orang Amerika yang menolak untuk mengambil vaksin di tengah lonjakan kasus dan kematian akibat virus yang sebagian besar didorong oleh orang yang tidak divaksinasi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Biden mengutuk 'politik pandemi' dengan mengatakan bahwa persyaratan baru bertujuan untuk mengurangi jumlah orang yang tidak divaksinasi di Negeri Paman Sam tersebut.
 
Menurut Biden, sekitar 80 juta orang - dari 330 juta populasi AS - memenuhi syarat untuk divaksinasi. Namun, mereka belum mendapat satu suntikan vaksin.
 
Baca juga: Terungkap Dokumen yang Sebut AS Danai Penelitian Virus Korona di Tiongkok
 
"Saya umumkan bahwa Kementerian Tenaga Kerja sedang mengembangkan aturan darurat untuk mewajibkan semua pengusaha dengan 100 atau lebih karyawan, memastikan tenaga kerja mereka sepenuhnya divaksinasi atau menunjukkan tes negatif setidaknya seminggu sekali," tegas Biden, dilansir dari Al Jazeera, Jumat, 10 September 2021.
 
Dalam pernyataan terpisah, Gedung Putih mengatakan Administrasi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (OSHA) Departemen Tenaga Kerja sedang mengembangkan aturan baru. Bisnis yang tidak mematuhi peraturan akan menghadapi denda hingga USD14 ribu (setara Rp200 juta) tiap kali melanggar.
 
Tindakan tegas Biden datang saat AS dan dunia berjuang untuk menahan kebangkitan virus. Covid-19 kembali melonjak dengan munculnya varian Delta yang sangat menular. 
 
Biden mencatat beberapa perusahaan besar, termasuk kantor media Fox News sudah meminta stafnya untuk divaksinasi. Ia juga mengumumkan semua pekerja di fasilitas medis yang berpartisipasi dalam program perawatan kesehatan bersubsidi federal akan divaksin.
 
"Jika Anda mencari perawatan di fasilitas kesehatan, Anda harus dapat mengetahui bahwa orang yang merawat Anda telah divaksinasi," pungkasnya.
 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif