Kota Mariupol, Ukraina hancur akibat serangan Rusia. Foto: AFP
Kota Mariupol, Ukraina hancur akibat serangan Rusia. Foto: AFP

Parlemen Kanada Akui ‘Tindakan Genosida' Rusia di Ukraina

Internasional ukraina rusia kanada Rusia-Ukraina Perang Rusia-Ukraina
Fajar Nugraha • 28 April 2022 20:04
Ottawa: Anggota parlemen Kanada pada Rabu 27 April 2022 dengan suara bulat meloloskan mosi yang mengakui "tindakan genosida Rusia terhadap rakyat Ukraina”. Mereka juga mengakui bukti "kejahatan perang yang sistematis dan masif serta kejahatan terhadap kemanusiaan."
 
"Hari ini setiap anggota parlemen di House of Commons mendukung mosi saya untuk mengakui bahwa Federasi Rusia melakukan genosida terhadap rakyat Ukraina," tulis Heather McPherson dari New Democratic Party yang berhaluan kiri, yang memperkenalkan mosi tersebut.
 
Mosi tersebut menyatakan bahwa kejahatan tersebut dilakukan "oleh angkatan bersenjata Federasi Rusia, yang diarahkan oleh Presiden Vladimir Putin dan lainnya di dalam parlemen Rusia."

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kekejaman massal termasuk contoh sistematis pembunuhan yang disengaja terhadap warga sipil Ukraina dan penodaan mayat, penyiksaan, pemerkosaan, serta pemindahan paksa anak-anak Ukraina ke wilayah Rusia,” sebut pernyataan House of Commons, seperti dikutip AFP, Kamis 28 April 2022.
 
“Dengan meloloskan mosi tersebut, House of Commons mengakui bahwa Federasi Rusia melakukan tindakan genosida terhadap rakyat Ukraina," menurut dokumen tersebut.
 
Langkah itu dilakukan sekitar 10 hari setelah Parlemen Ukraina mengeluarkan resolusi serupa.
 
Awal bulan ini, Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau menggunakan istilah "genosida" untuk menggambarkan serangan Rusia di Ukraina untuk pertama kalinya.
 
Trudeau menggemakan penggunaan istilah tersebut oleh Presiden Amerika Serikat Joe Biden, yang oleh Kremlin dianggap "tidak dapat diterima."
 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif