Presiden AS Donald Trump bela hubungannya dengan Kim Jong-un. Foto: The New York Times
Presiden AS Donald Trump bela hubungannya dengan Kim Jong-un. Foto: The New York Times

Terkait Kim Jong-un, Trump Bangga dengan Kedekatannya

Internasional joe biden donald trump Debat Presiden Amerika
Fajar Nugraha • 23 Oktober 2020 09:58
Nashville: Debat pamungkas antara Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump melawan calon Presiden dari Partai Demokrat Joe Biden. Isu Korea Utara (Korut) menjadi perhatian dari kedua kandidat.
 
Presiden Trump mengakui bahwa dirinya memiliki hubungan yang sangat baik dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un.
 
“Saya memiliki hubungan yang sangat baik dengannya. Pria yang berbeda, tapi dia mungkin berpikiran sama tentang saya. Kami memiliki jenis hubungan yang berbeda. Kami memiliki hubungan yang sangat baik. Dan tidak ada perang," kata Trump pada debat presiden terakhir di Nashville.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara itu, mantan Wakil Presiden Joe Biden mengkritik Trump karena melegitimasi diktator dan negara terisolir itu. Selama ini Korut telah lama menjadi paria global karena catatan hak asasi manusia dan ambisi nuklirnya yang suram.
 
“Dia berbicara tentang teman baiknya yang preman, preman, dan dia berbicara tentang bagaimana kita menjadi lebih baik. Dan mereka memiliki rudal yang jauh lebih mampu, mampu mencapai wilayah AS jauh lebih mudah daripada yang pernah mereka lakukan sebelumnya,” ucap Biden.
 
Biden mengatakan dalam debat bahwa dia hanya akan bertemu dengan pemimpin Korea Utara "dengan syarat dia setuju bahwa dia akan menurunkan kapasitas nuklirnya."
 
“Semenanjung Korea harus menjadi zona bebas nuklir,” tegas Biden.
 
Trump membuat sejarah sebagai pemimpin AS pertama yang menginjakkan kaki di Korea Utara, dan telah mengadakan pertemuan puncak dengan Kim Jong Un.
 
“Memiliki hubungan yang baik dengan para pemimpin negara lain adalah hal yang baik,” bantah Trump.
 
“Itu seperti mengatakan kami memiliki hubungan yang baik dengan Hitler sebelum dia menginvasi Eropa, seluruh Eropa. Yang benar saja,” tutur Biden.
 
(FJR)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif