Pemandangan salah satu sudut kota Moskow, Rusia. (Foto: AFP)
Pemandangan salah satu sudut kota Moskow, Rusia. (Foto: AFP)

Bantah Luncurkan Rudal ke Polandia, Rusia: Provokasi yang Disengaja

Willy Haryono • 16 November 2022 08:03
Moskow: Kementerian Pertahanan Rusia membantah sejumlah laporan mengenai adanya rudal Moskow yang menghantam Polandia pada Selasa, 15 November 2022. Bantahan disampaikan tak lama usai seorang pejabat intelijen Amerika Serikat (AS) mengatakan bahwa serangan rudal Rusia telah menewaskan dua orang di Polandia.
 
Kemenhan AS atau Pentagon belum mengeluarkan pernyataan resmi seputar dugaan serangan Rusia tersebut.
 
"Tidak ada serangan Rusia yang menghantam target di dekat perbatasan Ukraina-Polandia," kata Kemenhan Rusia dalam keterangan di Telegram.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Pernyataan-pernyataan terkait yang dikeluarkan media dan pejabat Polandia merupakan sebuah provokasi yang disengaja dengan tujuan mengeskalasi situasi," sambungnya, dikutip dari laman usnews.
 
Setidaknya dua orang tewas dalam serangan rudal di desa Przewodow, Polandia, yang hanya berjarak beberapa kilometer dari Ukraina.
 
Radio Lublin melaporkan bahwa petugas darurat dan perwakilan militer sedang berada di lokasi kejadian usai terjadinya ledakan sekitar pukul 15.40 waktu setempat. Kepolisian Polandia tidak menyebutkan penyebab ledakan.
 
Menurut laporan beberapa media lokal, ledakan di Przewodow terjadi sekitar 500-600 meter dari sebuah sekolah dasar.
 
Saat ini, Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) dan Uni Eropa secara seksama sedang memonitor situasi terkait Polandia. Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg telah mengungkapkan belasungkawa atas meninggalnya dua orang akibat serangan rudal.
 
Jika terkonfirmasi dilakukan Rusia, maka ini adalah serangan pertama Moskow terhadap teritori NATO sejak terjadinya invasi di Ukraina pada Februari lalu.
 
Serangan ini berpotensi mengaktifkan Pasal 4 dan 5 NATO, yang menyebutkan bahwa serangan terhadap satu negara anggota adalah serangan terhadap semua.
 
Baca:  Zelensky Yakin Rudal yang Hantam Polandia Berasal dari Rusia
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun Google News Medcom.id.
 
(WIL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif