Polisi Belanda melakukan penjagaan di sekitar lokasi penyanderaan di Apple Store Amsterdam. Foto: ANP
Polisi Belanda melakukan penjagaan di sekitar lokasi penyanderaan di Apple Store Amsterdam. Foto: ANP

Penyanderaan Toko Apple Amsterdam Berakhir ketika Sandera Kabur, Pelaku Ditabrak

Fajar Nugraha • 23 Februari 2022 07:43
Amsterdam: Situasi penyanderaan di Apple Store di Amsterdam, Belanda berakhir pada Selasa 22 Februari 2022, ketika seorang sandera berlari keluar dari gedung, dan tersangka mengejarnya. Saat itulah polisi meringkus tersangka.
 
“Baik sandera dan pelaku berlari di seberang jalan. Kemudia sebuah kendaraan polisi tanpa tanda melaju ke arah mereka dan menabrak tersangka,” sebut keterangan NL Times, Rabu 23 Februari 2022.
 
Baca: Penyanderaan di Sebuah Toko Apple Amsterdam, Pelaku Bersenjata Api.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Penembak jitu menjaga tersangka yang terluka dalam pandangan mereka, ketika robot dibawa untuk memeriksa pria itu untuk bahan peledak. Dia dikabarkan mengenakan rompi bom, dan mungkin menuntut tebusan dua juta Euro dalam bentuk bitcoin, tetapi penyelidik tidak segera mengkonfirmasi hal itu.
 
“Kami sekarang tahu bahwa tersangka tidak memiliki bahan peledak di tubuhnya dan petugas medis sekarang merawatnya,” polisi mengonfirmasi.
 
Dia ditempatkan di ambulans yang menunggu di dekat Leidseplein. "Sandera aman."
 
“Korban sandera telah mendekati pintu depan untuk mengambil barang yang dikirim ke Apple Store ketika dia mulai berlari,” sebut pihak polisi.
 
Pihak berwenang kemudian dapat menyelamatkan orang lain yang tetap berada di Apple Store. “Kami sekarang dapat membawa lebih banyak orang yang berada di gedung ke tempat yang aman. Penyelidikan terhadap penyandera di jalan masih berlangsung. Kami belum dapat memberikan informasi tentang kondisinya,” kata polisi sekitar pukul 11.00 ??malam waktu setempat.
 
Penyanderaan itu dimulai di lokasi Leidseplein sekitar pukul 17:40. dan berlangsung selama lebih dari lima jam sebelum tersangka dihentikan. Banyak karyawan diyakini telah membarikade diri mereka sendiri di kantin staf di toko.
 
Setelah laporan perampokan di sana, polisi tiba di Leidseplein. Saksi mata mengatakan bahwa tersangka hendak pergi tetapi melesat kembali ke dalam dan menangkap seorang pria begitu dia melihat polisi.
 
Video dari tempat kejadian menunjukkan seorang tersangka bersenjata memegang pistol di tangan kanannya, dengan lengan kirinya melingkari leher sandera. Dia melambaikan pistolnya, dan menendang pintu depan hingga terbuka saat dia berteriak pada polisi.
 
Sekitar pukul 20.45 malam, belasan orang yang bersembunyi di dalam gedung berhasil keluar dari lokasi. Mereka diamankan oleh petugas dan dibawa ke kantor polisi di mana mereka diharapkan untuk memberikan pernyataan. Masih jelas pada saat itu bahwa setidaknya satu tersangka dan satu sandera berada di dalam gedung.
 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif