Bendera Ukraina berkibar di kota Bucha yang pernah diserang pasukan Rusia. (AFP)
Bendera Ukraina berkibar di kota Bucha yang pernah diserang pasukan Rusia. (AFP)

Rusia Desak PBB Merespons Tudingan Manifestasi Nazisme di Ukraina

Willy Haryono • 11 September 2022 08:22
Jenewa: Misi Permanen Rusia untuk Kantor Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di Jenewa telah mengirim nota diplomatik ke Komisaris Tinggi Hak Asasi Manusia PBB (OHCHR), berisi tuduhan seputar kejahatan perang dan manifestasi Nazisme di Ukraina serta pembunuhan anak-anak di wilayah Donbass.
 
Menurut laporan kantor berita TASS pada Sabtu, 10 September 2022, misi PBB Rusia mengharapkan adanya respons publik dari nota diplomatik tersebut.
 
"Kami telah mengirim sebuah nota diplomatik ke OHCHR atas pembunuhan anak-anak Donbas, manifestasi Nazisme di Ukraina, pelanggaran hak asasi manusia dan kejahatan perang yang dilakukan rezim Kiev dan militer Ukraina di Donbass (Juni-Agustus, 2022)," tulis misi Rusia via laman Twitter.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sekali lagi kami mendesak OHCHR dan Prosedur Spesial untuk mempertimbangkan nota diplomatik kami dan meresponsnya secara publik sembari mempersiapkan laporan-laporan reguler," lanjutnya.
 
Baca:  Belarusia Dukung Penuh Rusia dalam Melawan Neo-Nazi di Ukraina
 
Sebelumnya di hari yang sama, layanan pers misi Rusia di PBB mengatakan bahwa Volker Turk, Komisaris Tinggi PBB yang baru ditunjuk, "akan menentang upaya mengeksploitasi konsep HAM sebagai instrumen tekanan politik dan intervensi urusan dalam negeri."
 
Michelle Bachelet, pendahulu Turk, selama ini kerap dikecam Rusia atas penilaian yang dinilai bias atas krisis di Donbass.
 
(WIL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif