Sekjen NATO Jens Stoltenberg. (AFP)
Sekjen NATO Jens Stoltenberg. (AFP)

Populer Internasional: NATO Yakin Ukraina Menang hingga Krisis Covid-19 di Korut

Willy Haryono • 17 Mei 2022 09:08
Brussels: Hampir tiga bulan setelah Rusia menginvasi Ukraina, Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) menilai operasi militer yang dijalankan Moskow di negara tetangganya itu tidak berjalan sesuai rencana. Penilaian NATO ini menjadi salah satu berita terpopuler di kanal internasional Medcom.id pada Selasa, 17 Mei 2022.
 
Dua berita terpopuler lainnya adalah presiden baru di Somalia dan seruan Kim Jong-un terkait penanganan krisis Covid-19 di Korea Utara.
 
Berikut selengkapnya:

NATO Yakin Ukraina Dapat Menang Perang Melawan Rusia

"Ukraina dapat memenangkan perang ini," kata Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg pada Minggu kemarin. Ia berbicara melalui sambungan video karena baru sembuh dari Covid-19.
 
Kepada para diplomat anggota NATO, Stoltenberg menyerukan agar dukungan aliansi terhadap Ukraina harus terus dilanjutkan. Menurutnya, dukungan NATO merupakan salah satu faktor penting dalam memastikan kemenangan Ukraina melawan Rusia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Di ranah diplomatik, Finlandia dan Swedia mengambil langkah 'historis' menuju keanggotaan NATO. Hari Minggu kemarin, Finlandia resmi mengumumkan rencana bergabung dengan NATO, dengan mengatakan bahwa pemicunya adalah invasi Rusia ke Ukraina.
 
Sementara itu, seperti apa perkembangan konflik Rusia-Ukraina di medan perang? Cek selengkapnya di sini.

Hassan Sheikh Mohamud Jadi Presiden Somalia untuk Kali Kedua

Hassan Sheikh Mohamud menjadi presiden Somalia untuk kali kedua usai menang dalam pemilihan umum yang telah lama dinanti pada Minggu kemarin. Kemenangan Mohamud terjadi di saat Somalia tengah berjuang menghadapi pemberontakan dan ancaman kelaparan.
 
Setelah pemungutan suara maraton yang melibatkan 36 kandidat, parlemen Somalia menghitung adanya 214 dukungan untuk Mohamud. Angka tersebut jauh lebih banyak dari yang dibutuhkan untuk mengalahkan petahana Mohamed Abdullahi Mohammed, atau yang juga dikenal dengan sebutan Farmaajo.
 
Kemenangan Mohamud disambut meriah sebagian warga di ibu kota Mogadishu, yang berharap hasil pemilu ini dapat menyelesaikan krisis politik dan keamanan negara. Masa jabatan Farmaajo telah berakhir pada Februari 2021, dan pemilu Somalia baru bisa digelar hari Minggu kemarin.
 
Apa yang disampaikan Mohamud dalam pidato kemenangannya? Cek selengkapnya di sini.

Kim Jong-un Perintahkan Militer untuk Bantu Tangani Krisis Covid-19

Kim mengkritik respons penanganan pandemi Covid-19 di Korut dan memerintahkan militer untuk membantu mendistribusikan obat-obatan untuk masyarakat, menurut laporan terbaru kantor berita Korean Central News Agency (KCNA) pada Senin kemarin. Korut mengatakan angka kematian akibat Covid-19 kini telah menyentuh angka 50.
 
Setelah dua tahun membantah kehadiran kasus Covid-19, pekan kemarin sejumlah petinggi Korut mengonfirmasi terjadinya wabah Covid-19.
 
Dikutip dari The Guardian, Kim "mengkritik keras" jajaran pejabat kesehatan atas respons mereka terhadap pencegahan wabah Covid-19. Secara spesifik, Kim mengkritik kegagalan mereka dalam memastikan farmasi dibuka 24 jam untuk mendistribusikan obat-obatan.
 
Apa lagi yang disampaikan Kim terkait krisis Covid-19 di Korut? Cek selengkapnya di sini.
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif