Palestine Way di New Jersey./MEE
Palestine Way di New Jersey./MEE

Salah Satu Jalan Sibuk di New Jersey Ganti Nama Jadi Palestine Way

Marcheilla Ariesta • 23 Mei 2022 18:08
New Jersey: Ribuan orang mengibarkan bendera Palestina dan berkumpul di kota Paterson, Amerika Serikat (AS), di akhir pekan. Mereka merayakan penggantian nama salah satu jalanan sibuk di kota itu menjadi Palestine Way.
 
Dewan Kota Paterson memberikan suara bulat untuk mengganti nama area lima blok di Jalan Utama Palestine Way. Keputusan ini diambil untuk menghormati komunitas besar Palestina di kota itu, dan kontribusi mereka terhadap bisnis serta kehidupan sipil.
 
Festival jalanan di gelar menampilkan pertunjukan dabke, ada yang menjual thobes khas Palestina untuk merayakan acara tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Palestina membuat kontribusi yang tak terhitung jumlahnya untuk komunitas kami setiap hari di Amerika Serikat," kata walikota Andre Sayegh, yang merupakan keturunan Lebanon dan Suriah, dilansir dari Middle East Eye, belum lama ini.
 
Kerumunan yang diperkirakan berjumlah 5.000 orang meledak menjadi sorak-sorai dan zaghrouta. Para perempuan memekik senang saat Sayegh mengungkap tanda Palestine Way yang juga menampilkan bendera AS dan Palestina.
 
"Ini memungkinkan kita untuk selalu mengingat perjuangan Palestina di luar negeri. Ini adalah perayaan, tetapi juga menunjukkan bahwa orang Palestina adalah manusia, kita orang Amerika, dan kita tidak akan pernah lupa dari mana kita berasal," ucap anggota Dewan Alaa Abdelaziz, anggota dewan keturunan Palestina pertama di kota itu.
 
Baca juga: Ribuan Masyarakat Dunia Ikut Peringati Hari Nakba
 
Paterson adalah kota terbesar di Passaic County dan kota terpadat ketiga di New Jersey. Meskipun tidak ada angka pasti tentang jumlah orang Arab yang tinggal di daerah itu, Rania Mustafa, direktur eksekutif Pusat Komunitas Amerika Palestina, memperkirakan ada sebanyak 20.000 orang, mayoritas keturunan Palestina.
 
Menurut Mustafa, keputusan untuk mengganti nama jalan itu bertujuan untuk memerangi penghapusan identitas Palestina.
 
"Kami melihatnya sebagai kemenangan simbolis, kami membuat orang mengakui bahwa Palestina ada, bahwa ini adalah kontribusi yang telah dibuat oleh komunitas Palestina, dan mengakuinya dalam kapasitas resmi dan permanen," katanya.
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif