Presiden AS Joe Biden. (AFP)
Presiden AS Joe Biden. (AFP)

Terinfeksi Covid-19, Kondisi Biden Membaik Usai Terima Paxlovid

Willy Haryono • 23 Juli 2022 09:48
Washington: Kondisi Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden, yang terinfeksi Covid-19 pada Kamis kemarin, "sudah membaik" usai menjalani perawatan dengan menggunakan obat Paxlovid.
 
Pernyataan disampaikan dokter kepresidenan AS, Kevin O'Connor, dalam sebuah memorandum pada Jumat, 22 Juli 2022, satu hari usai Gedung Putih mengumumkan diagnosis positif Biden.
 
O'Connor mengatakan temperatur tubuh Biden meningkat hingga 37,4 derajat Celcius pada Kamis malam, masih dalam kategori normal. Temperatur itu kemudian menurun usai sang presiden menerima serangkaian pengobatan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Presiden menerima pengobatan dengan baik. Kami akan terus memberikan Paxlovid sesuai rencana," ucap O'Connor, dikutip dari Independent.
 
Selama perawatan, Biden telah melakukan beberapa pertemuan virtual dan mengurangi interaksi dengan para staf kepresidenan. Gedung Putih mengatakan bahwa Biden sempat menyaksikan beberapa bagian dari sidang kasus Gedung Capitol 6 Januari secara virtual pada Kamis malam.
 
"Beliau masih tetap bekerja delapan jam lebih per hari," kata sekretaris pers Gedung Putih Karine Jean-Pierre. "Beliau mengingatkan kembali warga Amerika untuk menjalani vaksinasi," lanjutnya.
 
Koordinator Respons Covid-19 Gedung Putih Dr Ashish Jha mengaku sempat berbicara dengan Biden pada Jumat pagi. Ia mengatakan Biden berada dalam kondisi yang sangat baik dengan tanda-tanda vital berstatus "normal."
 
"Walau ada varian yang sangat menular di luar sana, kepemimpinan presiden memungkinkan kami untuk menangani masalah ini," sebut Dr Jha.
 
"Kita semua berada dalam sebuah momen di mana kita dapat mencegah hampir semua kematian akibat Covid-19 di Amerika. Ini adalah fakta yang sangat luar biasa," sambungnya.
 
Gedung Putih mengatakan bahwa pihaknya baru dapat mengetahui varian apa yang menginfeksi Biden dalam sepekan ke depan.
 
Baca:  BPOM Izinkan Penggunaan Paxlovid untuk Pengobatan Covid-19
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif