Walrus bernama Freya pernah mengunjungi beberapa negara di Eropa, termasuk Norwegia. (AFP)
Walrus bernama Freya pernah mengunjungi beberapa negara di Eropa, termasuk Norwegia. (AFP)

Norwegia Suntik Mati Freya, Walrus Betina Seberat 600 Kilogram

Medcom • 15 Agustus 2022 16:19
Oslo: Freya, seekor walrus betina yang menarik perhatian banyak orang di Oslo, disuntik mati otoritas Norwegia. "Keputusan menyuntik mati (Freya) diambil atas dasar evaluasi global terkait ancaman terhadap keamanan masyarakat," ucap Kepala Direktorat Perikanan Norwegia, Frank Bakke-Jensen.
 
"Kami dengan hati-hati telah memeriksa semua solusi yang memungkinkan. Kami menyimpulkan bahwa kami tidak dapat menjamin kesejahteraan hewan tersebut dengan cara-cara yang tersedia saat ini," sambungnya, dikutip dari The Straits Times, Senin, 15 Agustus 2022.
 
Otoritas Norwegia telah beberapa kali mempertimbangkan prosedur suntik mati atau euthanasia karena imbauan kepada masyarakat agar menjaga jarak dengan Freya, hewan seberat 600 kilogram, tidak digubris.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Freya, yang namanya diambil dari Dewi Kecantikan dan Cinta dari mitologi Norse, telah menjadi berita utama sejak 17 Juli lalu, ketika ia pertama kali terlihat di perairan ibu kota Norwegia. Walrus biasanya hidup di garis lintang yang lebih utara di Arktika.
 
Seekor walrus dapat tidur hingga 20 jam per hari. Freya pernah tertangkap kamera sedang mengejar seekor bebek, menyerang angsa, dan beberapa kali tidur di atas kapal yang tak kuat menopang tubuhnya.
 
Meski telah mendapatkan peringatan berkali-kali, warga yang penasaran berulang kali mencoba mendekati Freya. Beberapa orang terkadang mencoba mendekati dan memotret Freya dengan membawa anak kecil.
 
Sebelum di Norwegia, Freya pernah telah terlihat di Inggris, Belanda, Denmark, dan Swedia. Hewan berukuran raksasa itu pertama kali mendapatkan ketenaran saat menaiki sebuah kapal pesiar di Kragero, sebuah desa pesisir selatan yang indah di Norwegia.
 
Walrus merupakan spesies dilindungi yang sebagian besarnya hanya memakan hewan invertebrata seperti siput, udang, kepiting, dan ikan-ikan kecil. (Gracia Anggellica)
 
Baca:  Mencairnya Es Sebabkan 35.000 Walrus Terdampar di Alaska
 
(WIL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif