Ilustrasi vaksin covid-19. (AFP)
Ilustrasi vaksin covid-19. (AFP)

Kanada akan Donasikan 17,7 Juta Vaksin Covid-19 via COVAX

Internasional kanada WHO vaksin covid-19 Vaksinasi covid-19 AstraZeneca COVAX Vaksin Slank untuk Indonesia
Willy Haryono • 13 Juli 2021 07:03
Ottawa: Kanada akan mendonasikan 17,7 juta dosis vaksin Covid-19 buatan AstraZeneca untuk membantu memvaksinasi masyarakat di negara-negara yang membutuhkan. Dalam pengumuman yang disampaikan pada Senin, 12 Juli, Kanada juga menjanjikan komitmen dana bantuan sebesar USD8 juta.
 
Vaksin donasi dari Kanada akan disalurkan melalui COVAX, skema berbagi yang dijalankan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Koalisi Inovasi Persiapan Epidemi (CEPI), dan Gavi, Aliansi Vaksin.
 
"Donasi ini adalah hasil dari pendekatan proaktif kami dalam mengamankan ratusan juta vaksin Covid-19 di kontrak-kontrak awal kami," kata Menteri Pengadaan Barang Kanada Anita Anand.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dengan adanya hampir 55 juta vaksin di Kanada, dan permintaan dari semua provinsi telah terpenuhi, kami sekarang berada di posisi untuk menyumbangkannya," sambung dia, dilansir dari laman Anadolu Agency, Selasa, 13 Juli 2021.
 
Pengumuman donasi dari Kanada datang di masa krusial, di saat kasus global Covid-19 melonjak. WHO berulang kali mengingatkan bahwa negara-negara kaya harus lebih berkontribusi dalam membantu negara yang membutuhkan vaksin.
 
Berdasarkan data situs pemantau Johns Hopkins University pada Senin kemarin, total kasus Covid-19 di level global telah melampaui 187 juta dengan empat juta lebih kematian.
 
"Di saat Kanada terus memimpin dalam hal pemberian vaksin di dalam negeri, kami tahu situasinya sangat berbeda di banyak wilayah lainnya di dunia," tutur Anand.
 
Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan bahwa varian Delta dari Covid-19 "mengobrak-abrik dunia dalam laju yang begitu cepat."
 
"Kita membutuhkan lebih banyak (vaksin), dan kita membutuhkannya sekarang juga," tegas Tedros.
 
Baca:  Kanada akan Donasikan 100 Juta Vaksin Covid-19 untuk Global

Vaksin Slank untuk Indonesia

Dalam upaya mendukung vaksinasi di Tanah Air, Media Group bersama Slank menggelorakan kampanye sosial bertajuk "Vaksin untuk Indonesia". Kampanye ini adalah upaya untuk bersama-sama bangkit dari pandemi dan memupuk optimisme menuju normal baru dengan terus menjaga kesehatan fisik dan mental. Vaksin dalam tajuk ini bukan saja berarti "obat" atau "anti-virus", tetapi juga upaya untuk menguatkan kembali mental dan spirit kita di tengah kesulitan akibat pandemi.
 
"Slank dan Media Group bikin gerakan yang bertema 'Vaksin untuk Indonesia'. Berharap lewat musik dan dialog, acara ini bisa menyemangati dampak pandemi yang mengenai kehidupan kita, supaya tetap semangat. Kita hibur supaya senang, supaya imun kita naik juga. Mengajak masyarakat untuk jangan takut untuk divaksin. Ini salah satu solusi untuk lepas dari pandemi," terang drummer Slank, Bimo Setiawan Almachzumi alias Bimbim.
 
Program "Vaksin untuk Indonesia" tayang di Metro TV setiap hari Jumat, pukul 20:05 WIB. Dalam tayangan ini, Slank bukan saja menyuguhkan musik semata, tetapi juga menampilkan perjalanan ke sejumlah tempat dan berinteraksi dengan masyarakat dari berbagai latar belakang sosial.
 
 
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif