Rusia tangguhkan listrik ke Finlandia./AFP
Rusia tangguhkan listrik ke Finlandia./AFP

Perusahaan Rusia Tangguhkan Pengiriman Listrik ke Finlandia

Internasional Listrik nato rusia Finlandia
Marcheilla Ariesta • 14 Mei 2022 19:55
Moskow: Pemasok energi Rusia RAO Nordic mengatakan, akan menangguhkan pengiriman listrik ke Finlandia mulai Sabtu, 14 Mei 2022. Alasannya karena masalah pembayaran.
 
Perusahaan mengatakan, belum dibayar untuk pengiriman sebelumnya. Operator jaringan Finlandia mengatakan, Rusia hanya menyediakan sebagian kecil dari listrik negara itu dan dapat diganti dari sumber alternatif.
 
Pada Kamis kemarin, Rusia mengancam akan mengambil langkah pembalasan setelah Finlandia mengatakan pihaknya berencana untuk bergabung dengan NATO.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Finlandia berbagi perbatasan 1.300 kilometer dengan Rusia, dan sebelumnya menjauh dari NATO untuk menghindari permusuhan dengan tetangga timurnya. Namun, sejak invasi Rusia ke Ukraina, ada lonjakan dukungan publik untuk keanggotaan NATO.
 
Dikutip dari BBC, Finlandia diharapkan secara resmi mengumumkan rencananya untuk bergabung dengan NATO pada Minggu besok.
 
Baca juga: Rusia akan Tangguhkan Pasokan Listrik ke Finlandia
 
Keputusan Rao Nordic belum secara eksplisit terkait dengan keputusan Finlandia.
 
"Situasi ini luar biasa dan terjadi untuk pertama kalinya dalam lebih dari dua puluh tahun sejarah perdagangan kami," kata perusahaan Rusia tersebut.
 
Baik Rao Nordic maupun operator jaringan di Finlandia, Fingrid, tidak menjelaskan apa yang melatarbelakangi kesulitan pembayaran tersebut.
 
Bulan lalu Rusia memotong pasokan gas ke Bulgaria dan Polandia setelah mereka menolak untuk memenuhi permintaan untuk membayar dalam rubel, perubahan yang mereka katakan akan bertentangan dengan sanksi barat.
 
Minggu ini Gazprom Rusia mengumumkan akan berhenti memasok gas melalui bagian Polandia dari pipa Yamal-Eropa.
 
Fingrid mengatakan tidak memperkirakan kekurangan listrik sebagai akibat dari pemadaman, karena hanya sekitar 10 persen listrik Finlandia dipasok dari Rusia.
 
"Kurangnya impor listrik dari Rusia akan dikompensasi dengan mengimpor lebih banyak listrik dari Swedia dan dengan menghasilkan lebih banyak listrik di Finlandia," kata Reima Päivinen, wakil presiden senior operasi sistem tenaga di Fingrid.
 
Permintaan juga menurun karena cuaca menjadi lebih hangat, sementara sejumlah besar pembangkit listrik tenaga angin tambahan diperkirakan akan mulai beroperasi.
 
"Pembangkit listrik tenaga nuklir baru, yang diperkirakan akan dibuka musim panas ini, akan lebih dari sekadar menebus pasokan yang hilang dari Rusia," pungkasnya.
 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif