Rusia. Foto : AFP.
Rusia. Foto : AFP.

Rusia akan Tangguhkan Pasokan Listrik ke Finlandia

Ekonomi Listrik nato rusia Finlandia
Nur Aivanni • 14 Mei 2022 15:30
Jakarta: Rusia akan menangguhkan pasokan listrik ke Finlandia akhir pekan ini. Hal itu karena adanya ketegangan yang meningkat atas rencana Finlandia untuk bergabung dengan NATO.
 
"Kami terpaksa menangguhkan impor listrik mulai 14 Mei (Sabtu)," kata RAO Nordic, anak perusahaan holding energi Rusia Inter RAO yang menjual listriknya di pasar Nordik, dikutip Sabtu, 14 Mei 2022.
 
Mereka menyalahkan penangguhan itu karena tidak menerima pembayaran untuk listrik yang dijual pada Mei dan mengatakan sebagai konsekuensinya, mereka tidak lagi mampu membayar lebih banyak listrik dari Rusia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Situasi ini luar biasa dan terjadi untuk pertama kalinya dalam lebih dari 20 tahun sejarah perdagangan kami," kata RAO Nordic. Mereka pun berharap situasinya akan segera membaik dan perdagangan dapat dilanjutkan.
 
Operator jaringan listrik Finlandia mengatakan akan dapat bertahan tanpa listrik Rusia.
 
"Kami siap untuk ini dan itu tidak akan sulit. Kami dapat melakukan sedikit lebih banyak impor dari Swedia dan Norwegia," kata manajer perencanaan operasional Fingrid Timo Kaukonen kepada AFP.
 
Dia mengatakan kurang dari 10 persen listrik yang dikonsumsi di Finlandia berasal dari Rusia.
 
Pengumuman pemutusan pasokan listrik datang satu hari setelah para pemimpin Finlandia menyatakan negara mereka harus mengajukan permohonan untuk bergabung dengan NATO tanpa penundaan.
 
(HUS)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif