Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky hadir di layar televisi dalam KTT G7 di Jerman, 27 Juni 2022. (Tobias SCHWARZ / POOL / AFP)
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky hadir di layar televisi dalam KTT G7 di Jerman, 27 Juni 2022. (Tobias SCHWARZ / POOL / AFP)

Zelensky Minta G7 Bantu Sudahi Perang Rusia-Ukraina di Akhir 2022

Medcom • 28 Juni 2022 13:07
Kiev: Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mendesak negara-negara anggota G7 untuk membantu menghentikan invasi Rusia di negaranya pada akhir tahun ini. Permintaan disampaikan Zelensky di saat para pemimpin G7 berencana menjatuhkan serangkaian sanksi baru kepada Rusia.
 
Presiden AS Joe Biden dan rekan-rekannya dari G7, bertemu selama tiga hari di Pegunungan Alpen Bavaria, berjanji untuk meningkatkan sanksi ekonomi terhadap Rusia atas invasinya ke Ukraina pada 24 Februari.
 
Kelompok negara industri tersebut juga menunjukkan persatuan atas isu Ukraina, bahkan ketika dampak perang merebak dengan melonjaknya harga energi dan pangan yang mendorong inflasi global.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami akan terus memberikan dukungan keuangan, kemanusiaan, militer dan diplomatik dan mendukung Ukraina selama yang diperlukan," kata G7 dalam sebuah pernyataan pada hari kedua KTT, dilansir dari Le Monde, Selasa, 28 Juni 2022.
 
Berbicara dalam pertemuan itu secara virtual, Zelensky mendesak para pemimpin G7 untuk membantu mengakhiri perang sebelum musim dingin tiba, karena situasi pasukannya belakangan ini kian sulit. Ia mendesak G7 tersebut untuk terus menekan dan "mengintensifkan sanksi" terhadap Rusia.
 
Baca:  Ukraina Minta G7 Jatuhkan Lebih Banyak Sanksi kepada Rusia
 
Kanselir Jerman dan tuan rumah KTT, Olaf Scholz, mengisyaratkan kesiapan G7 untuk berbuat lebih banyak, dengan mengatakan "kami akan terus meningkatkan tekanan pada (Vladimir) Putin. Perang ini harus diakhiri."
 
Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen, yang menghadiri pertemuan G7, menekankan pesan persatuan serupa di antara sekutu Kiev. "Kami akan mendukung Ukraina selama diperlukan," katanya kepada wartawan, Minggu, 26 Juni 2022.
 
Pekan lalu, Uni Eropa menunjukkan dukungannya dengan memberikan status kandidat bagi Kiev.

Langkah Baru

Langkah-langkah baru yang sedang dibahas oleh para pemimpin G7 di antaranya batas harga impor minyak Rusia yang diupayakan oleh Zelensky, serta sanksi yang menargetkan industri pertahanan Rusia.
 
Sementara itu, Washington mengirim rudal anti pesawat ke Ukraina, menurut sebuah sumber kepada AFP. Zelensky telah lama meminta bantuan sekutu untuk pertahanan yang lebih kuat terhadap serangan Rusia.
 
Pembicaraan itu dilakukan sehari setelah Kiev dihadapi serangan pertama Rusia di ibu kota dalam tiga minggu, di mana serangan rudal menghantam sebuah bangunan perumahan dan mengakibatkan satu orang tewas. Dua perempuan juga tewas oleh bom Rusia di wilayah timur laut Kharkiv selama 24 jam terakhir. (Kaylina Ivani)
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif